Thursday, April 05, 2007

Jennie S. Bev Tidak Membuat Anda Tergerak?

Tiga hari lalu saya menulis soal tawaran buku gratis Jennie S. Bev yang dapat diperoleh di http://www.jennieforindonesia.com/?page_id=117.

Diluar dugaan optimis saya, banyak yang tidak cukup tergerak untuk mendapatkan buku itu. Hadiah pelengkap yang saya janjikan pun (semata demi memepercepat dikeluarkannya buku itu, karena - nggak tahu kenapa - Jennie hanya akan mengeluarkan bukunya kalau sudah ada setidaknnya 1.000 pendaftar), tidak membuat sebagian besar dari anda tertarik! Untuk diketahui, pemberitahuan dari saya setidaknya terbaca oleh 1.500 orang. Perkiraan paling optimis saya, sekitar 20% akan merespon. Catatan statistik saya menunjukkan hanya sekitar 2% saja yang merespon!

Apa yang menjadi penyebabnya? Jennie S. Bev tidak cukup terkenal untuk membuat anda (yang belum mendaftar) berminat membaca bukunya? Buku (elektronik) yang ditawarkannya gratis! Dan menurutnya, tidak ada sedikitpun unsur jualannya! Semata ingin mengajak yang belum sempat membaca buku cetaknya untuk dapat mengikuti jejaknya bebas finansial dalam setahun! Nah, lantas kenapa, sangat sedikit peminatnya?

Secara keseluruhan, bahkan sampai dengan saat ini angka 1.000 orang belum tercapai. Jennie sendiri sangat menyadari hal ini dengan memperkirakan kurang lebih minggu depan angka tersebut terlampaui. Perkiraan awal saya, angka tersebut mestinya sudah tercapai hari Senin kemarin!

Mengapa?

Ini perkiraan saya:
- What's the catch? Pasti ada apa-apanya! Ini yang paling dipikirkan banyak orang dengan penawaran gratis karena banyaknya 'pasti ada apa-apanya ' dengan penawaran seperti ini. Bahkan seseorang yang saya yakin mengikuti hal ini dari awal masih menanyakan, "hasil penjualannya mau disumbangkan ke mana?".
- Timing. Saya memposting tulisan mengenai tersebut dan sekaligus memberitahukannya lewat email pada hari libur. Menurut Mark Joyner, 'mbahnya' internet marketing, hari libur (sabtu, minggu) adalah hari yang paling buruk mengirimkan email.
- Promosi yang kelewat menggebu?
- Banyak yang benar-benar tidak tahu hal ini. Ini berarti, email tidak terkirim dengan baik, atau pengunjung blog (terutama first timer) hanya sekedar mampir.

Nah, apapun penyebabnya, tulisan ini saya tujukan untuk satu hal. Ambil segera kesempatan ini. Mungkin saja Jennie hanya membatasi untuk 1000 orang saja. Bukan 'paling sedikit' 1000 orang.

http://www.jennieforindonesia.com/?page_id=117

6 comments:

ensept said...

mungkin begini pak, dari target yg anda kirim 50%nya sudah nggak pernah buka2 email lagi atau memang belum buka, sedangkan 50%nya lagi sebagian lagi masih mikir2 atau malahan langsung didelete atau masuk ke bulk

Indratno Widiarto said...

Mungkin sekali. Saya sebenarnya hendak menunjukkan kaitan-kaitan antara statistik, email marketing, promosi, dan product launching dalam mengembangkan bisnis internet.

Meskipun tidak bicara bisnis secara langsung, buku Jennie bisa dijadikan contoh bagaimana produk diluncurkan dan melibatkan orang-orang yang secara emosional terlibat. Seperti saya misalnya ;-)

Lha, kalau bagus dan gratis dan (mungkin saja) mengubah hidup atau nasib kita, kenapa tidak kita dukung habis-habisan?

Beni Bevly said...

Menurut pengalamanku, direct mail biasanya diresponse oleh sekitar 1-2%.

Dalam kasus Jennie, jika responsenya kurang dari 1%, akan menjadi menarik untuk dipelajari. Begitu juga sebaliknya, jika responsenya lebih dari 2%, pasti ada sesautu yang istimewa pada produk Jennie.

Indratno, thank you for your comments on my site. Here are the links of my thoughts on your comments:

http://www.overseasthinktankforindonesia.com/?p=96#comment-246
http://www.overseasthinktankforindonesia.com/?p=98

Beni Bevly

cosa said...

mungkin bisa lebih efektif kalo form berlangganan feed via email-nya mbak Jennie dipasang di blog ini ato di postingan bapak yg kemarin :D

Zoricon said...

iya pak mungkin jennie cuman mau tes pasar aja or max 1000 org aja. saya g habis pikir lho, cuman masarin buku 1000 gratis kok lama y. padahal sudah saya tunggu2 lho. kalau dilihat sitenya kayaknya jennie ini udah berpengalaman ya, pak indratno apa tau biodata jennie ini...

Indratno Widiarto said...

Wah...wah...terima kasih atas komentar rekan-rekan.

Saya tidak tahu apakah Jennie hendak tes pasar saja. Justru, sejujurnya, saya malah yang sedang melakukannya ;-)

Barangkali, kalau yang dipromosikan (bakal) buku Mas Cosa tentang "Cara Mudah Dapat $45000/bulan dari Adsense" bakal lain ceritanya ;-)

Mas Cosa,
Kapan nih bikin buku? Gratis boleh juga ;-)

God bless u all.