Saturday, April 21, 2007

Jangan Buang Energi Anda Ikut Kompetisi Ngadutrafik 2007

Kalau anda cukup aktif berinternet, atau paling tidak membaca setiap tulisan di blog ini, anda tentu sangat familiar dengan kontes atau kompetisi untuk mendapatkan ranking di search engine (Google, Yahoo & MSN) untuk kata kunci tertentu. Sebelumnya, beberapa bulan lalu dibuat kompetisi untuk kata kunci "pisang goreng anget". Kali ini, kompetisi yang digelar pada situs resmi http://www.masterseo.web.id/ menggunakan kata kunci "ngadutrafik 2007".

Kompetisi ngadutrafik 2007 kali ini berhadiah uang. Meskipun tidak dalam jumlah yang sangat banyak, cukup menggiurkan untuk setidaknya mengadu kepiawaian mengoptimalkan ranking situs di search engine.

Nah, kalau begitu, mengapa saya 'mencegah' anda untuk tidak buang-buang energi ikutan kompetisi ngadutrafik 2007 tersebut?

Inilah alasannya:
1. Waktu, tenaga dan mungkin uang anda lebih baik digunakan untuk mengejar ranking yang pada jangka panjang lebih menguntungkan buat bisnis anda. Kalau anda membaca posting saya terakhir mengenai Membangun Otoritas di Internet yang kemudian disambung dengan Pisang Goreng Anget dan Bisnis Internet anda akan paham yang saya maksudkan.

Kata kunci berikut sangat 'profitable' dan "worthwhile" untuk dikejar rankingnya:
"belajar bisnis"
"belajar bisnis internet"
"bisnis internet"
"peluang bisnis"
"peluang bisnis internet"
"bisnis online"

2. Kecuali direncanakan dengan baik, pada umumnya situs yang digunakan untuk mencapai ranking kontes SEO tidak memiliki nilai jangka panjang. Ketika kontes selesai atau terdapat kontes lainnya, ranking yang tercapaipun akan tiada artinya karena tidak ada atau sedikit orang di muka bumi ini yang akan mencari kata kunci yang digunakan. Orang akan dengan cepat melupakannya.

Namun begitu, kalau anda sudah terlanjur 'nyebur' ngadutrafik 2007, atau tetap ingin menjajal kepiawaian SEO anda, jangan lupa untuk tetap memperhitungkan jumlah waktu, tenaga dan (mungkin) uang anda yang terpakai untuk keperluan ngadutrafik ini.

7 comments:

seo-indonesia.com said...

Kontes seo di indonesia ini memang terlambat saya ketahui meskipun saya mengelola sebuah situs seo.
Saya sependapat dengan awal mula dicetuskan ide ini yang bukan untuk gagah-gagahan. tetepi sebagai wahana belajar.
Tetapi saya juga sependapat dengan dengan tulisan ini yang lebih merujuk "keywords jangka panjang".
Seperti barusan kontes seo "globalwarming".. yang topiknya lebih bersifat lingkungan.

Yang jelas kontes sudah berjalan dan kita serahkan kepada masing2 individu untuk ikut atau ngak.

cosa said...

kalo aku sih menyarankan jangan buang energi untuk nguber keyword "belajar bisnis internet", soalnya saya lagi ngincer keyword itu, ntar nambah saingan dong, hehehe

anyway, imho, kalo niatnya buat belajar dan menambah ilmu, aku rasa gak ada masalah untuk "buang2 energi" di kontes ngadutrafik. Toh banyak banget yg bisa dipelajari (seandainya kita jeli) dari situ. Dan nantinya, ilmu yg kita dpt itu bisa dimanfaatkan untuk keyword2 lain yg lebih profitable.

Indratno Widiarto said...

Sebenarnya, saya hendak menyarankan agar, alih-alih mengejar ngadutrafik, lebih baik berupaya sekuat tenaga untuk 'mengalahkan' cosaaranda.com. Namun saya khawatir saya jadi di'musuhi' he he...Soalnya cosaaranda.com selalu ada apapun kata kuncinya :(

Anyway, saya bukannya hendak membuat pada patah semangat. Sambil menyelam minum air. Saingi segera cosaaranda.com dengan "belajar bisnis di internet"! he he....

Semoga sukses.

seo-indonesia.com said...

Besok besok kalo ada kontes lagi semoga keywordsnya ga selalu trafik, seo, atau money oriented..
Diluar dunia kita yang sangat banyak menatap monitor komputer masih ada dunia lain yang perlu diperhatikan.
beberapa hari lalu saya liat dari atas kantor di pagi buta (jam 4 pagi), seorang pemulung membuka-buka bungkus kresek yang baru saya buang, dan saya tau pasti itu hanya sampah dan sisa rokok yang saya buang..
Dan saya yakin bukan cuma satu dua orang seperti itu.
Kita semua sadar, dengan bombingnya search engine, SEO dan blog merupakan senjata yang sangat kuat untuk kritik sosial. seperti kasus wartawan kita di malaysia tempo lalu..
saya harap bagi yang punya otak brilian memperhatikan masalah bangsa.
Tapi yang jelas, tanpa politik dan tanpa ditunggangi.. :)

note. Sekedar saran..

Indratno Widiarto said...

Bagaimana nih mas Cosa?

Kayanya mesti nunggu ngadutrafik 2007 berakhir terlebih dulu ...

Saya sih setuju aja dengan usulan seo-indonesia.com. Barangkali sudah tersedia konsepnya? Jadi tinggal nunggu giliran launching, begitu?

Launchingnya pasti saya dukung ;-)

cosa said...

ah itu si widharta (seo-indonesia) buka rahasia aja, jd gak surprise deh kontesnya ntar :)

(kalo jadi)

Nina permata sari said...

..................NICE.. ^_^v.................