Saturday, March 10, 2007

5 Alasan Bisnis Internet Membutuhkan Blog

Siapa tidak suka blog? Dua atau tiga tahun lalu seseorang yang dianggap sebagai pakar multimedia nasional menjadi olok-olok komunitas pengguna blog gara-gara komentar beliau yang anti blog dan situs komunitas semacam Friendster. Apa beliau salah? Mungkin tidak. Karena identitas palsu, seperti yang beliau keluhkan, bak jamur di musim hujan. Namun, satu hal yang mungkin beliau tak hendak sadari, saat ini hampir tidak ada situs seserius apapun misinya (perusahaan, pemerintahan, organisasi nirlaba dsb) yang tidak menggunakan blog. Bahkan Juwono Sudarsono pun nge-blog!

Bisnis internet
barangkali adalah bidang yang paling banyak memanfaatkan blog untuk mendukung aktivitas para pelakunya. Setidaknya ada 5 alasan mengapa blog dipilih sebagai sarana yang bisa jadi krusial bagi keberhasilan bisnis internet.

1. Blog sangat murah dan mudah penggunaanya.
Banyak pelaku bisnis internet yang tidak paham bagaimana website dibuat banyak terselamatkan oleh adanya blog. Bahkan blog gratis seperti yang disediakan blogger.com maupun wordpress.com memiliki kemampuan mendukung bisnis yang kecil maupun yang besar semacam blognya Joe Vitale .

2. Blog lebih informal dan menghilangkan kekakuan komunikasi
Bertentangan dengan argumen soal blog yang lebih banyak disalahgunakan, blog justru dianggap mewakili mayoritas masyarakat yang tidak menginginkan adanya kekakuan komunikasi. Dengan fasilitas comment dan trackback yang menjadi standar aplikasi blog, konversasi antar blog dengan mudah dapat dilakukan.

3. Blog mendukung upaya optimisasi search engine
Bagi yang ingin memanfaatkan blog untuk alat pemasaran, blog sangat mendukung upaya optmisisasi search engine agar jumlah pengunjung pada situs menjadi meningkat. Bahkan dengan blog gratis semacam yang anda baca sekarang, optimisasi dapat dilakukan dengan mudah. (saat menulis ini, tentang bisnis internet ada pada urutan #2 untuk kata "bisnis internet")

4. Blog bersifat dinamis
Dengan blog, sekali anda telah tentukan tema dan layout tampilan, selanjutnya anda hanya perlu menuliskan isi untuk blog tersebut. Bahkan, apabila diinginkan, dengan teknologi RSS anda bisa membuat blog berubah setiap saat secara otomatis.

5. Kemampuan blog mudah dikembangkan
Pada umumnya blog (tidak termasuk blogger.com dan wordpress.com dan blog gratis lainnya) memiliki fasilitas untuk mengembangkan kemampuannya hanya dengan menambahkan program kecil yang disebut plug-in. Ada ratusan plug-in yang disediakan khusus untuk mendukung sukses bisnis internet.

Nah, sudahkan anda nge-blog hari ini?

No comments: