Saturday, March 10, 2007

Formula Sukses Bisnis Internet

Formula sukses bisnis internet sebenarnya sederhana saja. Produk + Copywriting + Trafik = Sukses Online. Permasalahannya, banyak kegiatan bisnis di internet dilakukan tidak pada seputar formula di atas.

Produk.
Bisnis apa yang tidak memiliki produk (dalam hal ini termasuk produk berupa jasa)? Seperti bisnis di luar internet, bisnis internet merupakan kegiatan pemasaran produk, baik produk milik sendiri atau milik orang lain. Sementara produk sendiri mungkin memakan waktu untuk produksi dan pengembangannya, produk orang lain dapat diperoleh dengan mudah. Terlebih, menyesuaikan dengan sifat internet, banyak produk digital yang banyak dicari dan diinginkan di pasaran. Untuk mendapatkan produk digital yang dapat dijual kembali (dengan pola afiliasi) anda bisa berkunjung ke Commission Junction. Sebenarnya ada situs khusus untuk produk digital, namun sampai saat ini belum menerima afiliat dari Indonesia, yaitu ClickBank.

CopyWriting.
Maaf, saat menulis ini saya belum mendapatkan padanan yang pas dalam bahasa Indonesia untuk istilah ini. Mungkin boleh kalau saya sebut penulisan bahasa iklan. Bahasa iklan merupakan faktor yang penting dari formula yang saya sebutkan di atas.

Produk anda boleh istimewa dan luar biasa. Namun kalau anda tidak menggunakan bahasa yang pas untuk membuat orang membeli, produk tersebut hanya akan teronggok di gudang termakan debu atau 'menuh-menuhin' server. Bicara bisnis internet international, bahkan anda perlu secara khusus membayar seorang copywriter. Saat ini ada beberapa copywriter kelas dunia yang biasa dipakai oleh internet marketer dunia. Tarif mereka berkisar antara $5,000 s/d $20,0000. Michel Fortin, salah satu copywriter tersebut, bisa anda pelajari kiatnya di sini.

Kalau anda ingin mahir sebagai copywriter, mungkin anda ingin mempelajarinya lebih serius. Untuk itu anda bisa memesan home study course dari Webcopywriting University.

Trafik.
Siapa yang akan beli produk anda kalau berkunjung pun tidak? Mendapatkan kunjungan menjadi faktor yang sangat menentukan apakah anda akan mendapatkan pembeli atau tidak. Untuk mendapatkan trafik, ada beberapa cara yang bisa anda gunakan.

1. Menggunakan artikel.
Anda tentu pernah mendengar istilah article marketing. Untuk mendapatkan pengunjung, anda hanya perlu menulis artikel, kemudian mempublikasikannya ke direktori-direktori artikel. Trafik anda dapatkan karena anda menuliskan bio anda sebagai penulis plus alamat website yang anda promosikan.

2. Mengoptimalkan ranking website di search engine.
Optimalisasi search engine bisa sangat memakan waktu, tenaga dan kadangkala uang. Kecuali anda sudah menguasai SEO (search engine optimization) sebaiknya hal ini dilakukan sambil jalan saja.

3. Iklan.
Banyak cara kita beriklan.
3a. PPC. Pay Per Click. Anda memasang iklan ke penyelenggara PPC (yang besar Google, Yahoo atau MSN) dan hanya membayar saat iklan tersebut diklik orang.

3b. Iklan baris. Iklan baris banyak disediakan dan umumnya gratis. Kalau anda ingin mengoptimalkan iklan jenis ini, mungkin anda perlu melihat cara promosi cepat rekan Rizky Lumarga di sini.

3c. Iklan tak langsung lewat kegiatan milis dan forum diskusi. Anda dapat secara tidak langsung beriklan melalui kegiatan milis ataupun forum diskusi. Caranya adalah dengan melalui signature dari setiap email atau forum post yang anda buat. Ada forum diskusi internet marketer dunia yang memberi anda point untuk setiap membaca dan menulis posting. Point tersebut bisa digunakan untuk memasang iklan anda secara gratis.

3d. Pertukaran iklan.
Pertukaran iklan sering disebut juga dengan istilah traffic exchange. Ini beberapa di antaranya:
http://infopreneurworld.com/recommends/InstantBuzz
http://infopreneurworld.com/recommends/TrafficSwarm
http://infopreneurworld.com/recommends/ListDotCom

3e. Blog, tag & ping
Siapa tidak suka blog? blog tagging and pinging mungkin memerlukan waktu tersendiri untuk membahasnya. Namun, kalau anda bersedia berkesperimen dengan blogger dan wordpress, anda akan tahu seperti apa. Blog tagging & pinging ini ada sangkut pautnya dengan cara nomor 2 di atas.

Nah, apa yang perlu ditakutkan? Formula bisnis yang anda perlukan sudah anda ketahui. Sekarang tinggal bagaimana anda menjalaninya.

Salam sukses.

1 comment:

Anonymous said...

Temukan trik n tips sukses bisnis online yang mampu memperkirakan bisnis itu real or scam. terima kasih! :)