Thursday, October 05, 2006

Demi Bisnis Internet Anda, Jangan Sembrono Berpromosi Dengan Adwords!

Beberapa menit lalu saya klik satu iklan Adwords karena sangat tertarik dengan bahasa iklan yang digunakan. Klik tersebut membawa saya ke satu halaman web yang menyampaikan bahwa website sedang dibuat dan mengharapkan masukan dari pengunjung. Tidak ada link apapun. Pun tidak usaha untuk mendapatkan nama dan alamat email pengunjung. Kesembronoan yang, kalau tidak diakhiri, bisa menjadi pemborosan dan kerugian yang besar.

Apa yang salah? Anda tentu masih ingat tulisan saya beberapa bulan silam mengenai keywords, headlines dan landing page. (http://bisnisweb.blogspot.com/2006/02/keyword-headline-landing-page-high.html). Anda mungkin perlu juga membaca kembali http://bisnisweb.blogspot.com/2006/03/3-pertimbangan-wajib-berpromosi-dengan.html untuk dapat mengikuti pembahasan berikut.

Kesalahan iklan tersebut adalah pada keywords dengan trafik tinggi, headlines yang bagus dan landing page yang buruk. Lho koq?

Keywords dengan trafik tinggi tentu bagus selama keywords tersebut 'related' dengan bisnis internet yang dipromosikan. Apabila tidak 'related' hanya akan mengundang klik yang tidak bermanfaat. Walhasil tagihan Adwords menjadi sangat sangat membengkak.

Headlines yang bagus tentu sangat dibutuhkan untuk menarik calon pengunjung mengklik dan berkunjung ke situs yang kita promosikan. Namun, apabila web tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan headlines atau bahkan jauh dengan keywords yang dicari, klik yang terjadi tidak menghasilkan apa-apa kecuali besarnya tagihan Google. Jadi, seperti yang pernah saya tuliskan di http://bisnisweb.blogspot.com/2006/02/keyword-headline-landing-page-high.html formulanya tetap keywords + headlines + landing page = high conversion rate. Tetap pertanyaannya adalah keywords yang seperti apa? Headlines yang bagaimana? Landing page dengan harapan response tertentu atau tidak?

No comments: