Sunday, October 15, 2006

[Alat Promosi Bisnis Internet ] Split Testing VS Taguchi Testing


Bisnis di internet adalah persoalan 'direct response' yang bisa diperoleh dalam hitungan menit. Persoalannya, untuk mendapatkan response sesuai yang diharapkan, diperlukan pengetahuan dan perjuangan tersendiri.

Sepanjang sejarah pemasaran internet, dikenal satu metode yang biasa digunakan untuk melakukan pengujian terhadap 'response' dari setiap upaya peningkatan penjualan. Metode ini biasa disebut split testing atau A/B testing. Ideanya, 2 skenario iklan atau tawaran atau website disajikan dalam waktu yang bersamaan. Skenario yang mendapatkan response paling sedikit kemudian dihapus dan diganti dengan skenario lain untuk dapat mengalahkan 'control' atau skenario yang mendapatkan paling banyak 'response'. Proses ini dilakukan terus menerus sampai didapatkan 'response rate' yang memuaskan.

Belakangan proses split testing ini dianggap memakan waktu dan bertele-tele. Orang kemudian beralih kepada metode yang dipinjam dari disiplin ilmu yang berbeda. Manufacturing!


Dengan bantuan teknologi, metode Taguchi yang terbukti berhasil lebih dari 50 tahun lalu pada industri perakitan mobil di Jepang, mulai diterapkan untuk optimisasi hasil dari upaya pemasaran bisnis di internet.

Ide dasar dari metode Taguchi adalah pengujian yang dilakukan dengan banyak variabel dan faktor sukses. Kombinasi dari faktor sukses ini sendiri bisa mencapai ribuan jumlahnya. Dengan bantuan software, kombinasi-kombinasi ini menghasilkan skenario ujicoba yang bisa dilakukan secara serentak. Kemudian, setelah kurun waktu tertentu atau sejumlah response (keseluruhan) tertentu, dapat ditentukan skenario yang paling optimum untuk mendapatkan 'response rate' yang memuaskan. Taguchi test ini dapat dilakukan secara berulang setiap kali dirasa 'response rate' menurun atau diinginkan 'response rate' yang lebih baik lagi.

1 comment:

risal said...

Pak Indratno,

Blog bapak sudah saya link dari blog saya. Jangan lupa saya dilink juga ya.

Omong-omong blog bapak kontentnya bagus tapi alexa traffic rank nya kok gak ada ya...? Belum dideteksi sama alexanya. Biasanya yang begituan ranknya rendah.

Terima Kasih,