Wednesday, October 04, 2006

Traffic, Tujuan Utama Anda Mempromosikan Bisnis Internet Anda

Pada tulisan saya terdahulu http://bisnisweb.blogspot.com/2006/09/bagaimana-berpromosi-di-internet.html saya sedikit menyinggung soal cara berpromosi yang efektif di internet. Sebenarnya, meskipun ada beberapa formula bisnis yang bisa kita ikuti, kita tidak selalu harus memfokuskan diri pada usaha mati-matian berpromosi tanpa memahami terlebih dahulu tujuan utama dari promosi itu sendiri.

Mantra utama sebuah bisnis internet adalah trafik, trafik, trafik. Harapan tiada putus siang dan malam adalah datangnya trafik yag makin hari makin membesar. Karena trafiklah yang mendatangkan pengunjung yang pada akhirnya melakukan transaksi dan menjadi pelanggan.

Jadi, kalau sampai harus berpromosi dengan mengeluarkan biaya, trafik lah tujuannya.

Apakah ada trafik tanpa biaya?

Ada. Dengan catatan tentu.

Pada dasarnya trafik dapat diperoleh melalui 2 macam cara. Cara instan dan cara alamiah. Cara instant dapat dilakukan dengan memanfaatkan media promosi search engine melalui iklan Pay Per Click. Atau dengan memasang iklan di situs-situs iklan, atau memasang iklan di situs-situs orang lain. Cara natural praktis datang dengan sendirinya. Namun begitu, usaha untuk samapi ke tahapan 'dengan sendirinya' kadangkala memerlukan waktu, biaya dan tenaga yang tidak sedikit.

Cara alamiah atau cara organik yang paling disukai adalah dengan mengusahakan ranking tertinggi pada search engine untuk setiap kata kunci yang berhubungan dengan bisnis internet yang digeluti.

Untuk dapat menuju ke tahapan 'dengan sendirinya' tadi, bisa dilakukan beberapa hal berikut:

1. Tahapan pembuatan website

Desain website sebaiknya dibuat menggunakan struktur search engine friendly, tematik dan kaya informasi. Nama domain yang digunakan ada baiknya berhubungan dengan bisnis internet yang digeluti.

Pertimbangkan untuk menggunakan program blog semacam WordPress untuk pengembangan website.

2. Tahapan pencapaian ranking

Lakukan pertukaran link dengan situs-situs dengan tema yang sama atau berhubungan. Hindari pertukaran link berbayar yang semata agar ada link menuju website anda.

Daftarkan website ke situs-situs direktory. Kunjungi http://vilesilencer.com untuk mengetahui lebih banyak tentang hal ini, sekaligu melakukan pendaftaran web. Meskipun pada umumnya gratis, tersedia juga layanan untuk pendaftaran ke puluhan atau bahkan ratusan situs direktory sekaligus. Pertimbangkan budget anda saat memutuskan untuk menggunakan layanan ini.

Aktif ikut forum diskusi dan memanfaatkan fasilitas signature untuk mempromosikan website.

No comments: