Saturday, June 10, 2006

Tentang Memilih Nama Domain

Seberapa penting tahapan memilih nama domain dalam proses membangun bisnis di internet? Jawabannya sangatlah tergantung pada tujuan awal nama domain tersebut dipilih. Banyak orang menganggap nama domain ini sangat penting (dan memang demikian halnya), sepenting nama mereka, sehingga mereka menggunakan nama mereka untuk nama domain.

Mari kita tinjau sejenak. Nama sendiri sebagai nama domain tentu hal yang bagus, selagi domain tersebut berbicara mengenai sang pemilik nama. Semata untuk membangun citra dan promosi pribadi. Menggunakan nama sendiri untuk nama domain yang bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasa sangatlah tidak dianjurkan.

Mengapa?

Mari kita ilustrasikan. Mana yang akan anda kunjungi terlebih dulu: dokterjoko.com (bukan nama sebenarnya) atau ahlijantungkoroner.com? ir_budi.com (bukan nama sebenarnya) atau arsitek-anda.com?

Pertimbangkan hal berikut:
Domain anda memerlukan pengunjung. 80% lebih pengunjung menemukan yang mereka cari melalui search engine. Nama domain yang mencerminkan informasi yang dikandungnya tentu akan lebih mendapatkan perhatian, bukan? Search Engine akan memberi bobot relevansi yang tinggi untuk kata kunci "ahli jantung koroner" pada ahlijantungkoroner.com dibanding dengan dokterjoko.com. Ini berarti juga ranking yang bagus pada search engine result page.

Apa tidak boleh menggunakan nama sendiri? Tentu saja boleh. Namun, anda hendak membangun bisnis di internet, bukan?

No comments: