Tuesday, June 06, 2006

Mencari Partner Afiliasi

Saya sepertinya akan banyak menulis mengenai afiliasi. Bukan. Bukan sekedar saya hendak mempromosikan satu atau dua program afiliasi. Lebih karena sangat aneh kalau saya dedikasikan waktu untuk blog Tentang Bisnis di Internet dan saya sedikit sekali membahas tentang afiliasi ini.

Afiliasi, seperti yang pernah saya tuliskan, telah menjadi primadona bisnis. Semua bisnis. Siapa tidak kenal Amazon? Barangkali Amazonlah yang pertama kali dan sukses dengan program afiliasi yang ia sebut Associate Program. Dan banyak kemudian yang mencoba menggunakan pola afiliasi untuk mendongkrak penjualan tanpa harus banyak mengeluarkan biaya iklan.

Yang perlu dibedakan adalah, program afiliasi berbeda dengan program reselling. Reseller pada umumnya harus membeli produk terlebih dahulu untuk kemudian menjualkan produk yang sama ke pembeli lain. Baik dengan harga yang sama dengan persentasi komisi, atau dengan mencari margin sendiri.

Yang perlu diingat saat mencari penyedia afiliasi yang cocok untuk berpartner, adalah sejauh mana perusahaan tersebut menyediakan alat penjejak penjualan yang telah anda lakukan. Tidak itu saja. Beberapa penyedia afiliasi bahkan menyediakan alat penjualan untuk membantu para afiliatnya melakukan penjualan dengan lebih baik. Anda perlu melakukan riset mendalam untuk bergabung dengan program-program afiliasi ini.

Meskipun pada umumnya menjadi afiliat sangatlah mudah, perlu juga anda pertimbangkan komisi yang anda dapat serta kemungkinan anda mendapatkan tambahan ekstra dengan merekrut sub-afiliat. Beberapa program afiliasi tidak menyediakan fasilitas ini (mereka menyebutnya 1 tier affiliate program). Jumlah komisi yang bakal anda terima sangat berhubungan erat dengan usaha dan biaya promosi anda nantinya. Katakanlah anda hendak bergabung dengan Amazon.com. Anda akan mendapatkan komisi yang berkisar antara 10% sampai dengan 15%. Jangan sampai anda hanya mempromosikan buku (apalagi Amazon banyak menyediakan used book alias buku bekas) dengan model promosi PPC semacam Adwords. Anda bisa bangkrut!

Yang mungkin bisa anda tinjau adalah program afiliasi dari Affiliate Class Room milik Anik Singal. Program afiliasi ini diperuntukkan bagi anggota yang mau belajar bisnis di internet dengan bimbingan teori dan praktek. Keistimewaan dari program afiliasi ini adalah anda dapat mencobanya sebulan hanya dengan $1.

Beberapa program afiliasi bergabung ke dalam pusat layanan afiliasi semacam Commission Junction atau ClickBank. Sayangnya kedua pusat layanan tersebut selama ini belum menerima afiliat dari Indonesia :(

Program afiliasi yang mungkin sangat memperhatikan kemampuan afiliatnya adalah program afiliasi dari Ken Evoy. Berlatar belakang kedokteran, Ken Evoy sukses menjalankan bisnis internet dengan membuat tool yang tidak saja membantu orang membuat website, namun juga menjadikan website tersebut sebagai alat untuk mendapatkan penghasilan. Ken Evoy menciptakan Sitesell.Com dengan program 5 pilar untuk para afiliatnya. Ken tidak saja 'mendidik' para afiliatnya dengan beberapa e-book. Ken juga menciptakan fasilitas Track-It yang dapat digunakan untuk memantau kinerja kampanye iklan afiliatnya. Terutama kampanye iklan yang menggunakan model pay per click. Keunggulan dan contoh keberhasilan afiliasi mode Ken Evoy dapat anda lihat di sini.

Sebelum saya akhiri tulisan ini, ada baiknya anda tengok juga program afiliasi unggulan dunia (benar, saya katakan unggulan karena tidak ada afiliat yang tidak bergabung dengan mereka!) berikut ini:

Internet Marketing Centernya Corey Rudl. Benar, Corey Rudl tidak lagi mengasuh dan mengomandoi pusat layanan pemasaran internet ini. Tahun lalu Corey Rudl meninggal karena mengalami kecelakaan mobil. Derek Gehl meneruskan IMC ini dan terus memberikan produk untuk ditawarkan para afiliatnya. Produk-produk ini meliputi:

Produk software:


NitroMarketing.com


Hampir sama dengan Internet Marketing Center, NitroMarketing.com juga menyediakan tempat dan banyak alat untuk membantu orang berhasil melakukan bisnis di internet.
NitroMarketing.com
juga menjadi tempat beberapa pengarang terkenal menjual buku-buku elektronik mereka. Di antara mereka adalah
Joe Vitale (Hypnotic Marketing)
Ted Nicholas (One of the world's most successful Direct Marketers)
Jay Conrad Levinson (Guerilla Marketing)
Joe Sugarman (Psychological Triggers)
Mark Joyner (Godfather of Internet Marketing)
Joshua Shafran (Proven step-by-step formula)
David Garfinkel (Copywriting)
Brian Tracy (Sales Success)
Mark Smalley (Advertising Success)
Roger Parker (Author Inside You)
Bob Bly (Customer Service)
Kevin Donlin (Customer Loyalty)
Matthew Lesko (Free Money for Entrepreneurs)
Michel Fortin (Internet Marketing)
Paul Krupin (Free Publicity)
Dan Janal (Branding on the Net)
Steve Humphrey (CGI in 2 Hours)

2 comments:

rd Limosin said...

Wah tulisan yg bagus Mas!!

Gugus said...

keep posting ... thanx buat info-info nya :D