Monday, April 10, 2006

15 Cara Mendatangkan Pengunjung ke Blog Anda

 
Kalau anda telah membaca Blogging for Dollar, Gosip atau Fakta?, mungkin Anda bertanya, "bagaimana saya mendatangkan pengunjung ke blog saya?" Inilah 15 kiat untuk mendapatkan pengunjung:
 
1. Posting paling tidak 4 blog tiap harinya.
Blog terkemuka semacam Boing Boing, Daily Kos dan Instapundit (dengan puluhan pengunjung tiap harinya) memposting paling tidak 30 blog meskipun singkat (antara 100 s/d 150 kata) tiap harinya.
2. Submit  ke My Yahoo!
Kalau Anda belum mendaftarkan diri pada My Yahoo. Daftarkan segera. Tambahkan setidaknya blog Anda ke MyYahoo tersebut. Ini akan membuat blog Anda diindex oleh Yahoo dengan segera. Jadi Anda tidak perlu mensubmitnya ke Yahoo Directory!
 
3. Jangan lupa submit juga ke Google Reader.
 
4. Bertukarlah link dengan blog sejenis.
 
5. Gunakan fasilitas Ping 
Setiap kali Anda menambahkan blog, beritahu blog direktori dengan cara mem-Ping mereka. Anda bisa menggunakan technorati.com atau melalui layanan semacam blogexplosion.com untuk mem-Ping sekaligus beberapa blog direktori. Maksud Ping ini kurang lebih memberitahukan bahwa ada yang baru di blog Anda.
 
6. Submit blog Anda ke search engine semacam AltaVista, dan MSN.
 
7. Submit juga ke DMOZ.
 
8. Submit ke sebanyak mungkin RSS direktori.
 
9. Rajin-rajinlah memberikan komentar ke blog lain.
Saya katakan rajin-rajinlah, artinya Anda tidak 'boleh' sekedar menuliskan 'saya setuju' atau 'Hi lihat blog saya...' Tuliskan sesuatu yang positif mengenai artikel yang Anda baca di blog tersebut. Luangkan waktu untuk benar-benar membacanya. Pemilik blog akan senang hati menyetujui komentar pada blognya selagi komentar tersebut berisi dan positif.
 
10.Gunakan TrackBack
Beberapa software blog menyediakan fasilitas ini. Awalnya fasilitas ini dibuat oleh Movable Type untuk sarana komunikasi antar blog. Intinya kurang lebih begini. Anda membaca artikel di suatu blog. Kemudian Anda ingin menulis sesuatu menyangkut artikel tersebut. TrackBack berguna memberitahukan pada si penulis artikel yang Anda baca bahwa Anda telah menulis Artikel yang berhubungan dengan Artikelnya dan Anda ingin dia melihatnya. Nggak rumit kan?
 
11. Promosi off-line.
Gunakan iklan koran, kartu nama, stiker apapun yang bisa membuat orang ingin tahu dan membuka blog Anda.
 
12. Tambahkan alamat blog Anda pada e-mail signature Anda.
 
13. Aktiflah di group-group diskusi.
Anda bisa menemukan ratusan group diskusi di yahoogroup. Tulislah hal-hal yang bisa bermanfaat buat group tersebut. Jangan lupa sertakan alamat blog Anda.
 
14. Aktiflah di forum-forum. Kalau Anda menuliskan pendapat atau apapun yang relevan dengan tema forum tersebut, pada umumnya tidak jadi masalah kalau Anda cantumkan nama dan alamat blog Anda di bagian akhir tiap tulisan.
 
15. Gunakan Tag
Tag merupakan hal yang baru namun mulai banyak digunakan. Tag berfungsi semacam pengkategori suatu blog.
 
Tips di atas tidaklah mutlak Anda ikuti. Gunakan seluruh imajinasi Anda untuk dapat mendatangkan pengunjung dan mulai melihat blog Anda memberi hasil yang Anda inginkan.
 
Technorati Tags : , , , ,

4 comments:

Ajie Tanjung said...

Mas indratno, saya udah buatkan link blog anda di blog saya..., saya tunggu....
Thanks n Best Regards

infinity said...

perkenalkan, nama saya hanli. Saya tertarik dengan blok mas indratno yang mengenai marketing. Saya juga mempunyai blog mengenai marketing dan ingin menawarkan kapada mas indratno untuk bertukar link jika bersedia. Artikel-artikel mas bagus-bagus.
salam, hanli

a99 studio said...

mas ini kunjungan perdana saya di blog anda dan semoga ini awal yang baik buat blogger bisnis indonesia untuk saling berbagi pengalaman,selama ini jarang saya temukan yang mengupas bissnis online secara terbuka,kebanyakan dari mereka menutup dan jika mau share harus beli e-book buatan dia padahal di luar saya banyak menemukan tutorial tutorial yang free dan cukup berbobot dan terakhir salam kenal balik dari saya,blog anda akan saya link dari blog saya

Anonymous said...

hi mas, saya zul dari Malaysia.. Sekadar mencari teman 'internet marketer' dari indonesia. Menarik apa yang dibicarakan di atas. Moga sukses selalu! ;)