Monday, April 10, 2006

Blogging for Dollar, Gosip atau Fakta?

Terus terang, awalnya saya ragu apa bisa menjalani bisnis di internet kalau rumus utama keberhasilannya adalah content, content, content. Bukan, bukannya saya tidak suka menulis. Saya yakin tak akan memiliki banyak waktu untuk menulisnya. Apalagi, pada tataran global saya harus menggunakan bahasa Inggris untuk mendapatkan jumlah pengunjung yang cukup banyak.

Menulis bukanlah satu-satunya hambatan. Saya harus memikirkan cara membuat web. Membuat sendiri atau minta tolong orang lain. Membuat sendiri berarti saya harus investasikan waktu dan tenaga saya untuk sekaligus belajar dan praktek membuat web.
Meminta bantuan orang lain berarti saya harus investasikan beberapa ratus ribu rupiah, mungkin beberapa puluh juta untuk membuatkan web saya.

Untunglah pada akhirnya saya menemukan cara yang membuahkan hasil. Blogging. Artikel ini pun Anda baca dalam bentuk blog. Hebatnya, blog ini dapat saya buat dengan gratis. Cara tersebut sekaligus memungkinkan saya membuat blog seperti Watch My Kids Grow dengan cepat.

Bagaimana saya melakukannya?


Leads, Leads, Leads!



Awalnya saya menggunakan artikel yang tersedia di http://articlecity.com. Sayangnya, artikel ini tidak dapat diubah dan harus menyertakan resource box yang menyebutkan nama penulis dan linknya. Hal ini berarti kemungkinan besarnya blog saya bisa hanya sebagai tempat 'numpang' lewat.

Semalam saya menemukan InfoGoRound (IGR) sebuah layanan internet yang menyediakan artikel label pribadi (private label article) dalam jumlah yang tak terbatas. Dalam waktu singkat saya dapat menambahkan beberapa artikel tanpa harus bersusah payah memikirkannya terlebih dahulu. Saya hanya perlu sedikit memoles beberapa kalimat sehingga selaras dengan tema blog tersebut. Bagaimanapun saya ingin artikel-artikel tersebut kelihatan lebih pas dengan selera saya. Toh saya boleh mengubahnya sesuka saya, bahkan mengklaim saya sebagai penulisnya.

Jadi blogging for dollar gossip atau fakta? Sabar...sabar...;-)

Content is king. Kalau content sudah tidak jadi masalah, tinggal menunggu waktu untuk me-monetize blog yang Anda buat. Anda bisa mendaftar untuk menjadi publisher Google Adsense. Apabila aplikasi Adsense Anda disetujui oleh Google, blog Anda akan diisi oleh iklan yang sesuai dengan content blog. Setiap klik (ingat: jangan sekali-sekali Anda sendiri yang mengkliknya) akan ada bagi hasil yang diberikan oleh Google. Untuk memproteksi bisnisnya, sampai saat ini Google masih enggan memberitahukan porsi persentasi bagi hasil tersebut. Yang pasti, semakin banyak pengunjung, semakin banyak klik, semakin banyak dollar Anda kumpulkan.

Bagaimana Anda (harus) melakukannya?
Inilah langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuktikan fenomena blogging for dollar:

1. Pilih tema blog Anda, dan daftar ke penyedia layanan blog semacam blogger.com.

2. Daftarkan diri anda ke
http://www.infogoround.com
. Anda akan dikenai biaya bulanan sebanyak $24.95 dolar/bulan. Wah, mahal amat? Tidak kalau Anda tahu satu artikel bisa seharga $15 kalau Anda harus memesannya! Kalau Anda mau sekali-sekali menulis artikel, biaya tersebut bisa gratis karena adanya program Cash for Content. Intinya, Anda berhak menulis satu artikel dalam satu bulan. Apabila artikel tersebut sesuai dengan aturan yang ditetapkan dan diterima, biaya bulanan Anda untuk bulan tersebut gratis!

3. Login ke InfoGoRound.Com untuk mencari artikel yang sesuai dengan blog Anda. Dapatkan setidaknya 25 artikel dan masukkan sebagai artikel dalam blog Anda. Ini semua bisa Anda lakukan kurang dari 25 menit!.

4. Daftar untuk mendapatkan account Adsense di google.com/adsens.

5. Sambil menunggu account adsense Anda disetujui, Anda bisa meletakkan beberapa link afilias yang Anda ikuti. Artikel saya mengenai afiliasi dan bisnis internet bisa anda baca di Mencari Partner Afiliasi. Di sana Anda bisa dapatkan link afiliasi yang bisa Anda ikuti.

6. Bersabarlah dan terus tambahkan artikel atau content di blog Anda.

No comments: