Thursday, April 06, 2006

Berapa Banyak Anda Hasilkan Dari Bisnis di Internet?

Berapa banyak Anda hasilkan dari Bisnis di Internet? Mungkin ini pertanyaan yang paling sering Anda dengarkan atau malah Anda sampaikan setiap kali berbicara mengenai bisnis di internet. Bagi yang sedang memulai bisnis di internet, apapun bentuknya, kadangkali pertanyaan ini membuat rasa tidak nyaman. Pun ketika Anda tanyakan ke diri sendiri.

Tidak ada yang salah dengan pertanyaan tersebut di atas. Hanya saja, banyak yang lupa bahwa bisnis di internet, apapun klaim orang mengenainya, tidaklah beda dengan bisnis di dunia sehari-hari. Perlu investasi, biaya, dan pengelolaan yang serius untuk berhasil. Namun begitu, sekali Anda berhasil, Anda seolah menemukan kunci untuk membuka rahasia kekayaan yang sesungguhnya: sedikit usaha, banyak hasilnya!

Lihat Anakku Tumbuh dan Berkembang


Saya sering membalik pertanyaan tersebut, terlebih ketika saya sedang mempertanyakannya ke diri sendiri, seberapa banyak sebenarnya sudah saya ‘habiskan’ untuk bisnis di internet? Sudahkan saya benar-benar berfikir investasi dan bukannya semata-mata berfikir biaya?

Baru beberapa hari lalu saya bertemu seorang teman yang baru saja menjual rumahnya. Teman saya ini termasuk golongan pegawai yang bersemangat pindah kwadran menjadi pengusaha mandiri. Saya perhatikan usaha sampingannya cukup sukses. Dengan semangat teman saya ini menjabarkan rencananya dengan hasil penjualan rumahnya yang lebih dari 150juta rupiah itu. Dia siapkan uang tersebut untuk investasi (baca sekali lagi: investasi) belajar menjadi pilot.

Pilot? Masih orang gajian juga kan? Katanya mau jadi pengusaha? Betul. Teman ini telah memperhitungkan saat ini BEP profesi pilot kurang dari 2 tahun. Dia sudah perhitungkan bahwa profesi pilotnya akan sangat mendukung bisnis yang sudah dia rancang, plus ‘profit margin’ berupa selisih gaji untuk mendukung permodalan bisnisnya.

Berapa banyak sudah Anda habiskan untuk bisnis di internet? Sebuah pertanyaan untuk logika sederhana. Anda tidak akan bisa memancing ikan hiu atau paus hanya dengan umpan cacing. Yang perlu Anda jaga adalah investasi yang tidak perlu semata karena Anda tidak tahu kiat dan seluk beluknya. Pada konteks bisnis di internet, yang paling mendasar dari menjaga investasi adalah seberapa besar sebetulnya Anda bisa berhemat.

Keberhasilan bisnis di internet tentunya tidak bisa diukur hanya dengan uang yang Anda hasilkan. Berapa banyak, dengan usaha Anda sendiri, Anda sudah berhemat, misalnya, dari biaya konsultan, desainer web ataupun copywriter? Kalau semuanya bisa Anda lakukan sendiri, Anda sudah berhemat banyak sekali. Anda tinggal menunggu waktu dengan terus-menerus melakukan perbaikan pada usaha yang telah Anda lakukan di internet.

Seorang pakar mengatakan sebagai berikut: “The future of the internet is so bright that you should use sunglasses”. Ya. Saking mencorongnya masa depan internet, bahkan Anda pun perlu menyiapakan kaca mata hitam.

No comments: