Saturday, May 06, 2006

Do What You Preach!, Sebuah Pelajaran

Ini pengakuan sekaligus pelajaran yang saya petik dan saya pikir ada baiknya saya bagi. Bertentangan dengan dengan isi tulisan saya tentang 15 Cara Mendatangkan Pengunjung ke Blog Anda, saya justru malah tidak menuliskan apapun setelahnya sampai dengan posting ini saya buat.

Semestinya, kalau saya anjurkan untuk sesering mungkin menulis untuk blog, saya lakukan juga untuk blog saya sendiri. Namun memang, tanpa bermaksud untuk mencari-cari alasan, saya tidak memiliki waktu yang cukup luang untuk bahkan menuliskan satu atau dua paragraf saja mengenai bisnis internet.

Hikmah yang saya petik sungguh luar biasa. Dan oleh karena pada prinsipnya saya (ingin) selalu bisa 'penso positivo', hikmah tersebut membuat saya meyakini apa yang saya tuliskan di artikel terakhir benar adanya. Alih-alih saya mesti meyakinkan terjadinya peningkatan pengunjung setelah 15 cara diikuti, saya dengan mudah meyakini dan meyakinkan bahwa tanpa 15 cara tersebut, hal yang sebaliknya dengan cepat terjadi.


Kurang dari sepuluh hari saya mengabaikan 15 cara yang saya sebutkan sendiri, blog ini langsung tersingkir dari SERP (Search Result Page) Google untuk beberapa kata kunci seputar bisnis internet. Tidak tanggung tanggung. Tidak saja melompat dari halaman pertama ke halaman kedua atau ketiga. Langsung tersingkir keluar!

Apakah SERP ini sangat berarti bagi sebuah halaman web? Sangat berarti kalau SERP ini memunculkan halaman web tersebut bagi kata kunci yang banyak digunakan orang. Karena ini berarti potensi kunjungan tanpa keluarnya biaya. Apakah SERP segala-galanya? Mungkin tidak. Meskipun ini bisa menjadi 'vital sign' bagi kelangsungan bisnis internet halaman web tersebut.

Berbicara mengenai vital sign, Google memiliki satu alat yang disebut dengan istilah PageRank. Konon ini berasal dari nama penemu Google, Larry Page. Yang jelas, PageRank ini termasuk algoritma yang menjadi proposal/thesis awal mereka membangun Google. PageRank diukur dengan skala 1-10. Semakin tinggi PageRank suatu halaman web, semakin tinggi tingkat popularitas halaman tersebut (dari inbound link maupun tingkat pengunjung).

Kembali ke SERP. Apakah ada hubungan antara PageRank dengan ranking di SERP? Banyak yang mengatakan bahwa inbound link dari PageRank yang tinggi akan mempercepat naiknya ranking halaman web di SERP. Itulah mengapa beberapa website dengan PR7 ke atas berani memasang tarif untuk sekedar membuatkan link ke halaman yang ingin naik ranking.

No comments: