Friday, January 27, 2006

Traffic, SEM dan AirAsia


Akhir tahun 2005 kemarin, AirAsia, sebuah perusahaan penerbangan berbiaya rendah, membuat kejutan dengan iklan 2 halaman suratkabar penuh bertuliskan 2000.000 tiket gratis ke 60 daerah tujuan penerbangan di Asia. Mengejutkan mengingat sebelumnya Garuda Indonesia, perusahaan penerbangan nasional Indonesia, memberikan ‘hanya’ sebanyak 10.000 tiket gratis ke dan dari Denpasar Bali.

Apakah AirAsia bisa menarik keuntungan dengan 2000.000 penumpangnya di tahun ini sama sekali tidak mengeluarkan uang untuk bisa terbang? Jawabannya mungkin bisa mungkin tidak. Namun strategi tiket gratis bukanlah ide orisinil AirAsia. Perusahaan penerbangan dengan modus operandi sejenis juga melakukannya di wilayah Eropa. EasyJet, RyanAir dan belakangan Volawind sangat biasa menawarkan tiket seharga 1 sen euro atau malah gratis sama sekali. Namun penawaran secara massif sampai sejumlah 2 juta tiket mungkin baru AirAsia yang melakukannya.

Bagaimana kira-kira AirAsia mendapatkan untung? Trafik! AirAsia akan diuntungkan dengan adanya peningkatan trafik bagi seluruh penerbangannya. Dengan penawaran tersebut setidaknya di depan mata selama tahun 2006 trafik AirAsia bertambah sebanyak 2 juta penumpang. Oleh karena penjualan utama AirAsia dilakukan melalui internet (lebih tepat lagi, 2 juta tiket yang ditawarkan hanya bisa didapatkan melalui internet), ‘trafik’ yang didapat dari kunjungan ke situs AirAsia pun juga meningkat. Dapat dibayangkan peningkatan pagerank AirAsia setelahnya.

Search Engine Marketing
Berbeda dengan konsep ilmu ekonomi pada umumnya di dunia nyata yang timbul karena adanya scarcity of resource, sehingga sumber daya harus dikelola sedemikian rupa sehingga segala kebutuhan bisa terpenuhi, ekonomi di dunia maya resource justru sangat berlimpah ruah. Namun begitu tetap saja ada yang namanya scarcity, kekhawatiran akan kekurangan, pada yang namanya attention atau perhatian dari komunitas internet. Dari sinilah muncul ilmu Search Engine Marketing atau SEM. Dengan SEM attention dapat diperoleh karena lebih dari 80% komunitas internet mendapatkan resource menggunakan mesin pencarian.

AirAsia sangat menyadari pentingnya attention dari komunitas internet. Dengan menggerakkan setidaknya 2juta orang yang hendak mendapatkan tiket gratisnya, diharapkan popularitas dari situs airasia.com meningkat sehingga resource yang namanya attention atau perhatian dari komunitas dunia mayapun didapatkan.


Internet Marketing Center

No comments: