Thursday, January 12, 2006

Ilmu Hitam SEO (part #1)

Bukan. Saya bukan hendak mengajarkan suatu ilmu hitam. SEO, kalau anda belum mengenalnya, berasal dari kata Search Engine Optimization yang berarti segala tindakan yang dilakukan agar suatu situs web mudah ditemukan oleh mesin pencarian internet dan mendapatkan ranking setinggi mungkin. Mendapatkan ranking yang tinggi artinya muncul di halaman pertama setiap kali penggguna internet menggunakan kata kunci pencarian yang cocok dengan kata kunci yang anda pasang. Banyak cara mengoptimalkan search engine. Cara putih, hijau maupun hitam.

Tulisan ini hendak memberitahukan cara hitam SEO semata agar anda menghindarinya. Ingat, ilmu hitam, seberapa besar kemampuannya, pada akhirnya memakan korban di pihak penggunanya. Katakanlah semacam tumbal. Jangan sampai situs web anda jadi tumbal yang ujung-ujungnya bisnis internet anda gagal sebelum mulai.

Meski SEO mulai banyak dikembangkan dan dikenal lebih dari lima tahun lalu, sampai sekarang masih banyak yang belum mengenal ‘binatang’ apa gerangan SEO ini. Banyak ‘ahli’ di luaran sana yang merasa mengerti SEO, mencoba menjual jasa optimasi search engine dengan cara-cara hitam yang hendak saya coba jelaskan di tulisan ini.

Pengertian Dasar.
Sebelum lebih jauh dengan ‘ilmu hitam’ SEO, ada baiknya anda mengerti terlebih dahulu pengertian dasar seputar SEO dan SEM (Search Engine Marketing). Mudahnya, SEO adalah usaha yang digunakan agar tingkat ‘findability’ suatu situs tinggi dengan cara pengelolaan tag-tag dan content pada script web. SEM merupakan jalan pintas findability dengan mengeluarkan uang penempatan iklan. (findability atau searchability artinya kemampuan suatu web tertemukan oleh pengguna internet sewaktu yang bersangkutan melakukan pencarian menggunakan kata kunci pencarian).

Search Engine (tiga besarnya adalah Google, Yahoo, dan MSN) mengindex atau mengurutkan situs berdasarkan kata kunci dengan cara otomatis dan manual. Cara otomatis dilakukan melalui kerja terus-menerus robot pengindex. ‘Ilmu hitam’ SEO pada prinsipnya adalah cara-cara yang digunakan untuk ‘menipu’ robot ini.

‘Ilmu hitam’ yang biasa digunakan adalah:
White on white hidden text/keyword
Meta refresh
Pembelokan/misleading text
Duplikat

‘Ilmu Hitam’ di atas umumnya digunakan untuk mengelabui spider (robot yang melakukan pengindexan), seolah-olah suatu situs mengenai sesuatu yang dimaksud pencari padahal sesungguhnya berisi hal-hal yang sama sekali berbeda. Semua ‘ilmu’ di atas sudah mulai dikenali spider atau robot dan biasanya diabaikan. Jadi, tak ada gunanya anda menggunakannya.


PS:
Pelajari lebih jauh mengenai bisnis internet di Internet Marketing Center.

No comments: