Saturday, January 28, 2006

Studi Kasus: The Million Dollar Homepage

Alex Tew baru berumur 21 tahun. Bermodalkan kurang dari $100, anak ‘kampung’ di daerah Wiltshire, Inggris ini mampu menghasilkan lebih dari yang dia inginkan dari situs internetnya, The Million Dollar Homepage. Idenya sederhana. Menjual ruang iklan berdasarkan elemen gambar di layer (pixel). Alex menjual $1 untuk 1 pixelnya. 1000 pixel terakhir yang tersisa terjual melalui lelang di situs lelang Ebay 26 Januari lalu, dengan harga lebih dari 30 ribu dollar.

Apa istimewanya situs Alex Tew ini? Originalitas ide. Meski banyak yang skeptis pada awalnya akan keberhasilan pemasangan iklan di situsnya, banyak kemudian pemasang iklan yang mengakui blok iklannya (bervariasi antara 100pixel sampai 1000pixel) meningkatkan jumlah pengunjung ke situs masing-masing. Dan tentunya penambahan pengunjung situs menggerakkan peningkatan penjualan.

Meskipun bisa dikatakan one-time-and-only-idea-that-works, ide situs semacam Alex ini mulai mendapatkan pesaing yang mencoba meniru dan berharap mendapatkan kesuksesan yang sama. Lebih dari 1000 situs serupa mulai beroperasi di internet.

Sebagai kolase besar dari iklan berwarna, begitu Alex Tew menggambarkan situsnya, milliondollarhomepage.com sebenarnya bukanlah situs yang menarik. Menempatkan potongan-potongan gambar dalam pixel-pixel yang tidak beraturan bagai sebuah mozaik kotak pengumuman rupanya memberikan alternative bagi tidak efektifnya banner, iklan popup bahkan spam email.

Sejuta pixel ruang iklan milliondollarhomepage.com sudah terjual habis. Kita lihat apakah kisah sukses ini akan tetap eksis lima tahun ke depan.


Internet Marketing Center

1 comment:

temonggo said...

saat ini banyak yang adopsi ide briliant adrew tew,saya sendiri juga coba buat pakai blogger,cuma jarang paid to surf yang mau terima,padahal menurut saya sangat produktif jika kita kombinasikan dengan autosurf cuma kita harus buat banner yang menarik,makanya sampai sekarang tidak saya update lagi karena percuma jika tidak bisa di runing di autosurf,dan kebanyakan autosurf yang besar sudah menyediakan fasilitas ini,mereka tidak mau terima site sejenis dari luar,blog saya yang mengikutijejaknya dan di tolak di autosurfing adalah:
Http://bannerchanger.blogspot.com