Wednesday, March 22, 2006

Scobleizer? Apaan Tuh...?

Saya mengenal Scobleizer kurang lebih seminggu lalu. Termasuk terlambat dibanding lebih dari 3 juta orang yang sudah ‘menggunakannya’. Kalaupun anda belum tahu Scobleizer itu apa, anda tak perlu merasa kuper atau minder. Saya akan menjelaskan yang saya tahu tentangnya di tulisan ini.

Scobleizer bukanlah sejenis stabilizer atau equalizer. Scobleizer menyangkut erat dunia blog. Saya menemukannya karena rasa penasaran dan rasa ketertinggalan yang dalam.

Anda bisa membaca buku "Naked Conversations" untuk tahu lebih jauh mengenainya atau membaca lebih lanjut terlebih dahulu tulisan ini.

Saya mengenal blog kurang lebih pada tahun 1997 ketika weblogs.com masih membuka account gratis dan blogger.com belum semudah sekarang. Lebih dari lima tahun kemudian blog berkembang ke arah yang tidak pernah diduga sebelumnya. Blog bukan lagi sekedar kegiatan personal orang per orang. Blog adalah industri abad 21. Dan saya merasa begitu ketinggalan karenanya.

Pencarian saya untuk mengejar ketertinggalan saya membawa ke beberapa blog dan beberapa buku mengenai blog. Dari sumber-sumber tersebutlah saya mengenal Scobleizer. Sepertinya hamper semua blog yang mendedikasikan blognya membahas tentang blog dan segala sesuatunya menyebutkan Scobleizer ini.

Jadi, apa dong Scobleizer itu? Scobleizer adalah blog yang ditulis oleh Robert Scoble, seorang Technical Evangelist dari Microsoft. Scobleizer diakui sebagai blog yang paling hot dan paling berpengaruh di dunia blog.

Apa istimewanya Scobleizer? Pertama, Robert Scoble menggunakan sarana yang biasa digunakan kebanyakan orang. Hosted Blog gratis di wordpress.com (alamat blog lengkapnya ada di http://scobleizer.wordpress.com ) Kedua, Scoble menerapkan patokan-patokan Corporate blogging seperti yang pernah ia utarakan. Patokan-patokan tersebut di antaranya adalah:

1. Sampaikan kebenaran, seluruh kebenaran, tiada apapun kecuali kebenaran
2. Posting dengan cepat untuk setiap berita baik maupun buruk.
3. Gunakan bahasa sehari-hari.
4. Support software/web/human standard
5. Berkulit tebal (bermuka tebal kali ya maksudnya….)
6. Jangan abaikan Slashdot (http://www.slashdot.com)
7. Bicara ke akar rumput terlebih dahulu (grassroot, anda tahu maksudnya kan?)
8. Kalau anda payah, akui. Segera.
9. Sedikit janji, banyak memberi
10. Jangan sekali-sekali berbohong
11. Kalau kondisi sedang tidak baik, jangan menulis sesuatu.
12. Katakan terus terang kalau tidak tahu jawabannya
13. Jangan pernah menyembunyikan informasi

Jadi, kalau setahun lalu ada seorang pakar multimedia terkenal kita berpandangan miring tentang blog ataupun situs komunitas seperti Friendster, mudah-mudahan beliau tidak gelisah karena keinginan beliau untuk ngeblogging tertahan sama komentar yang sudah terlanjur beliau utarakan.

Selamat berblogging ria.

No comments: