Sunday, July 02, 2006

The Manifesto; Halangan Bagi Tercapainya Sukses Bisnis Internet

Ini adalah polanya. Anda melihat ada peluang, anda tangkap, anda praktekkan. Kemudian anda melihat peluang lain. Kebetulan peluang sebelumnya tidak membawa cukup banyak hasil. Yang sebelumnya anda tinggal. Anda jalankan yang baru. Kemudian anda melihat peluang lain lagi. Anda tangkap lagi. Yang sebelumnya anda tinggalkan lagi...demikian seterusnya.

Apa yang salah?

Menurut Rich Schefren dalam "The Manifesto", perilaku tangkap-lepas-tangkap terhadap peluang sukses di internet adalah gejala kegagalan bisnis. Penyebabnya adalah pemikiran yang oportunistis. Permasalahannya dengan bisnis internet adalah tiadanya strategi.

Halangan yang perlu diperhatikan lebih seksama adalah anda dan pemikiran anda. Rich menyebutkan adanya 2 pemikiran diametris yang bertolak belakang dalam bisnis internet. Pemikiran oportunistis dan pemikiran strategis. Oportunis cepat tanggap akan peluang. Kehidupan sehari-harinya disibukkan dengan perjuangan untuk melihat dan menangkap setiap peluang yang anda. Strategis melihat bisnis dengan pemikiran pada hasil akhir yang diinginkan. Strategis memiliki visi.

Ketika strategis melihat peluang, strategis akan melakukan studi dan analisa dan menyandingkannya dengan visi yang dia miliki. Strategis mengembangkan metode dan memilih cara dan pendekatan yang paling baik bagi setiap peluang yang ada, yang paling dapat mewujudkan visinya.

Pencari peluang berfikiran oportunistis. Pengusaha atau entrepreneur yang sesungguhnya berfikir strategis. Pencari peluang hanya berfikir pada "dapatkah saya mendapatkan uang dengan ini?". Hari ini mungkin 'adsense', besok dan lusa yang lain lagi. Pencari peluang membeli banyak sekali produk dan sedikit sekali menggunakannya. Di hari hari berikutnya produk tersebut terlupakan karena ada cara yang lebih 'mudah' untuk mendapatkan uang. Pertanyaan yang selalu ada di benak mereka adalah "cara apa yang paling gampang mendapatkan uang sekarang?"

Pengusaha sejati memiliki visi. Dan oleh karena visi ini, pengusaha sejati akan dengan teliti menganalisa kekuatan bisnisnya, kekuatan kompetitor, perilaku pasar dan mengembangkan berbagai cara untuk dapat merengkuh pasar.

No comments: