Monday, July 10, 2006

The Manifesto; Antara Memulai Perkawinan dan Memulai Bisnis

Apa hubungan antara perkawinan dengan bisnis? Biro sensus Amerika mencatat kurang lebih 50% dari perkawinan berakhir dengan perceraian. Sementara itu, diperkirakan antara 70% sampai dengan 90% bisnis yang baru mulai gagal tanpa hasil.

Rich Schefren menyampaikan hal yang kurang lebih berhubungan antara memulai perkawinan dan memulai bisnis. Apa jadinya kalau Anda, oleh karena sangat didesak untuk segera menikah, pergi ke pub, ketemu teman kencan, kemudian menikahinya? Berapa besar kira-kira kemungkinan pernikahan tersebut akan langgeng?

Demikian pula dengan bisnis. Anda melihat peluang, anda tangkap, anda garap dan anda jalani. Adakah Anda memiliki kekuatan untuk menang dengan bisnis ini? Kalau tidak, berapa lama bisnis ini akan bertahan?

Memilih bisnis sama dengan memilih teman hidup. Kalau Anda tahu Anda tidak akan pernah bisa menang, jangan pernah memulainya.


Kembali berbicara mengenai bisnis internet. Bagaimana memulainya? Menciptakan produk kemudian mendapatkan pasar atau sebaliknya, mendapatkan pasar kemudian mengisinya dengan produk? Apapun prosesnya, Anda tetap harus ingat akan strategi bisnis internet anda. Bermain untuk menang, atau tidak bermain sama sekali.

No comments: