Thursday, February 02, 2006

Google AdWords

Rasanya tidak sempurna kalau bicara internet marketing tanpa sedikitpun menyinggung mengenai Google AdWords. Google AdWords menawarkan pemasangan iklan dengan metode pay per click. Iklan dipasang berdasarkan lelang kata kunci dan akan muncul apabila kata kunci yang dipakai cocok dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna Google.

Balik ke masa kurang lebih sepuluh tahun silam, tersebutlah goto.com sebagai situs pertama yang memperkenalkan pemasangan iklan dengan pembayaran per click (pay per click advertising atau PPC ads). Kemudian goto.com menjadi overture.com dan terakhir setelah overture.com menjadi bagian dari Yahoo!, mereka menyebutnya Yahoo Search Marketing. Overture atau Yahoo Search Marketing ini sempat merajai pasar iklan PPC sampai akhirnya muncul Google AdWords. Kelebihan Adwords adalah pada kemudahan “anda pasang sekarang, sekarang juga iklan anda ditampilkan” (selagi kata kunci yang digunakan mengalami kecocokan).


AdWords ini segera saja menjadi pilihan yang paling disukai pemasang iklan mengingat investasi yang dikeluarkan sesuai dengan target market yang dituju. Terlebih, dengan adanya AdWords, pemasangan iklan tidak lagi hak bagi yang berdompet tebal. Anda dapat memasang iklan seharga sedikitnya 100 rupiah dengan biaya registrasi awal sejumlah 50.000 rupiah saja.

Oleh karena ‘murahnya’ tarif Google AdWords ini, banyak para Internet Marketer terlena dan tanpa sadar membuang banyak uang karena ‘ketidakpeduliannya’ pada ‘rahasia terpendam’ Google AdWords.

Kalau dengan 50.000 rupiah anda bisa menulis iklan dan membuka akses bagi lebih dari 100 juta pengguna computer apa anda tidak tertarik? Lebih hebatnya, semuanya dapat anda lakukan kurang dari 10 menit.

Sedemikian mudahnya? Tentu, asal anda piawai menyiasati ‘perang’ kata kunci. Lebih tepatnya, seperti saya sebutkan di awal, lelang kata kunci. Untuk dapat tampil, iklan anda harus menggunakan kata kunci yang cocok dengan yang dicari pemakai Google. Permasalahannya, yang bermain AdWords tidak saja anda. Ada ribuan pemasang iklan yang mungkin menggunakan kata kunci yang sama.

Google menempatkan iklan anda atas dasar urutan relevansi. Semakin relevan iklan anda, semakin besar kemungkinan iklan anda dipasang di halaman pertama search result dan diurutan awal. Google mendefinisikan relevansi dari perhitungan perkalian antara nilai lelang yang anda rela bayar dengan jumlah klik atas lelang anda. Semakin tinggi nilai relevansi iklan anda, semakin awal pula nomor urut iklan tersebut. Persoalannya, berapa banyak anda mampu bayar untuk mendapatkan hak tayang?

Seorang teman, Perry Marshall namanya, menulis mengenai “"5 days to success with Google AdWords" yang dapat anda dapatkan gratis dengan mengklik di sini. Dia akan banyak memberikan kiat keberhasilan dalam bermain dengan Google AdWords.

No comments: