Thursday, June 07, 2007

[Tutorial - Bum Marketing] Pengenalan

Sebagian dari anda mungkin sudah mengenal Bum Marketing. Arti gampangannya, cara malas melakukan pemasaran bisnis di internet. Bum Marketing memang mengacu pada cara mudah memasarkan sesuatu di internet. Konon, saking mudahnya, orang malaspun bisa!

Namun, sebenarnya, Bum Marketing mengacu pada satu alat pemasaran yang paling banyak diyakini sebagai yang terampuh sepanjang era e-commerce. Penggunaan artikel. Satu hal yang sebenarnya tidak perlu membuat heran karena hal yang paling banyak memotivasi orang menggunakan internet adalah kebutuhan atau keinginan untuk mendapatkan informasi. Apalagi kalau bukan artikel yang mampu menjawabnya?

Konsep Bum Marketing sebenarnya mudah saja. Anda mendapatkan satu niche/ceruk pasar. Anda memproduksi tulisan tentang niche tersebut. Anda kemudian menyebarluaskan tulisan tersebut ke sebanyak mungkin tempat di internet. Setelah itu anda tinggal menunggu hasilnya.

Semudah itukah?

Pertama, tentang rahasia sukses Bum Marketing. Setiap artikel akan mengandung satu paragraph akhir yang umumnya berisi profil singkat si penulis dan link atau beberapa link ke satu atau lebih alamat situs. Link inilah yang diharapkan oleh si penulis untuk diklik oleh pembaca.

Kedua, bagaimana artikel dibuat. Pembuatan artikel dapat dilakukan dengan setidaknya 3 macam cara. Anda tulis sendiri sebagai tulisan original, anda minta orang menulisnya untuk anda, anda menggunakan artikel dengan hak penulisan ulang.

Ketiga, bagaimana artikel didistribusikan. Pendistribusian artikel dilakukan dengan cara mengirimkannya ke ratusan direktori artikel yang ada di internet. Para Bum Marketer sepakat bahwa hanya ada ezinearticles.com dan goarticles.com untuk pengiriman artikel bermutu tinggi dan ratusan direktori lainnya yang bisa dimanfaatkan paling tidak untuk mendapatkan backlink.

Nah, pengenalan singkat tentang Bum Marketing saya rasa cukup. Pada tulisan berikutnya kita bahas ke-3 hal di atas.

Bagi yang tidak sabar, contoh yang paling sering saya gunakan untuk menjelaskan Bum Marketing adalah situs ini: http://trainyourbrain.wordpress.com. Blog ini ditujukan untuk memasarkan produk OptiMINDzation. Produk ini dipilih karena potensi komisinya yang 'recurring' karena bersifat membership. Kalau anda cukup jeli, anda akan dapatkan banyak artikel yang memiliki link ke blog tersebut.

Beberapa artikel dibuat dengan menggunakan materi PLR. Materi tersebut kemudian ditulis ulang dan diproduksi menjadi berbagai macam versi menggunakan jasa layanan gratis dari JetSpinner. Baru setelah itu artikel disebarluaskan menggunakan jasa JetSubmitter atau Isnare.

Saya lanjutkan dengan lebih detil pada artikel selanjutnya.

Salam sukses.

PS. Anda boleh berharap saya berikan alat-alat untuk melakukan Bum Marketing ;-)
Nggak janji lho......
just follow my posts and don't forget to register!

4 comments:

egoldnet said...

mas indratno ...saya salah sdatu pembaca setia nih mau tanya...alatnya apa aja sih mas?

Indratno Widiarto said...

Soal alat-alat yang bisa digunakan untuk Bum Marketing akan saya bahas satu persatu di artikel/tutorial lanjutannya.

Mohon bersabar ;-)

Salam sukses,

Indratno

keke said...

mas,... saya iseng browsing baru nemu blog brilian, idealis, dan original.
Bisa sharing ide neh untuk kemajuan internet di bangsa sendiri.

Indratno Widiarto said...

Terima kasih Keke atas apresiasinya.

Salam sukses,

Indratno