Tuesday, September 19, 2006

Market Niche: Attack On a Narrow Front

Dalam bukunya MARKETING WARFARE, Al Ries dan Jack Trout menuliskan mengenai Prinsip Peperangan Ofensif no. 3: “lakukan penyerangan pada medan sesempit mungkin”. Launch the attack on as narrow a front as possible.

Mengambil analogi peperangan, internet adalah medan perang yang sangat luas. Banyaknya ‘musuh’ yang harus Anda kalahkan membuat Anda harus memilih. Menang perang atau mundur teratur.

Satu hal yang Anda harus ketahui dari awal. Tujuan Anda bukanlah hendak menundukkan atau menjatuhkan lawan. Tujuan Anda berbisnis di internet adalah memenangkan satu hal yang sama-sama diperebutkan. Pembelian dari pelanggan.



Kembali ke Prinsip Peperangan Ofensif no. 3 di atas, kalaupun Anda memilih menang, Anda tetap harus memilih, menang di medan yang mana. Katakanlah Anda hendak berkonsentrasi menjual buku. Anda hendak melawan Amazon.com? Jelas sangat kecil kemungkinannya. Menjual buku bekas? Amazon pun melakukannya. Menjual buku materi kuliah bekas untuk mahasiswa Indonesia? Hmmm…cukup sempit medannya dan sepertinya belum ada pesaing. (well, well, saya baru saja memberi ide bisnis untuk Anda manfaatkan).

Saya hendak memberi contoh lain. Anda kenal berapa banyak penjual pizza? Pizza yang menjual dengan cara delivery di bawah 30 menit? Pizza dengan pemanggang tradisional a la Italia disajikan dengan loyang kayu khas Italia? Got my point?

Beropasi pada tingkatan yang sangat umum membutuhkan uang dalam jumlah yang sangat besar. Kalau Anda hendak menjual sepatu, Anda tahu siapa yang akan Anda hadapi. Pun misal saja hendak menjual sepatu olahraga. Akan lebih aman kalau Anda bergeser ke penjualan sepatu pemain golf. Atau sepatu golf khusus pria atau wanita separuh baya.

No comments: