Thursday, August 10, 2006

Bagaimana Mengukur Perkembangan Bisnis Internet Anda?

alat ukur bisnis
Jack Welch, mantan CEO legendaris General Electronic pernah mengatakan, "if you
don't measure it, then it is not a business... it's a hobby". Kecuali Anda serius ingin mengembangkan bisnis di internet, Anda tidak perlu berkutat dengan persoalan ukur mengukur ini.

Apa sebenarnya yang bisa kita dapat dari kegiatan mengukur perkembangan bisnis? Dan bagaimana cara mengukurnya?

Anda mungkin paham tentang tanda-tanda vital kesehatan? Ukuran normal tekanan darah? Ambang aman kadar kolesterol? Asam urat?

Kesehatan bisnis internet juga memiliki tanda-tanda vital yang dapat anda jadikan ukuran atau tolok ukur perkembangan bisnis.

Banyak tolok ukur yang dapat digunakan sebagai alat prediksi perkembangan bisnis internet. Sayangnya, banyak yang belum atau belum mau memahaminya dengan baik. Alih-alih meninjau jumlah pengunjung, tingkat perkembangan list, konversi pembelian, banyak yang berfokus pada hal-hal yang tidak langsung berhubungan dengan perkembangan bisnis, seperti usaha meningkatkan page rank, optimasi search engine dan lain-lain.

Saya tidak hendak mengatakan bahwa hal-hal di atas tidak perlu. Saya hanya hendak mengingatkan bahwa hal-hal tersebut bisa membuat Anda menjadi lepas fokus.

Saya berikan contoh dengan grafik yang menyertai artikel ini. Dengan sering melakukan pengukuran dan testing, saya bisa mengambil banyak kesimpulan dari pengukuran yang saya lakukan. Misal, dari contoh grafik tersebut, terlihat bahwa jumlah pengunjung anjlog di hari libur (sabtu dan minggu). Grafik tersebut juga menunjukkan bahwa selama kurun waktu seminggu, tidak ada pertumbuhan yang berarti. Dengan kata lain, perlu cara lain yang harus ditempuh untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

Oh ya, grafik tersebut saya peroleh dari http://statcounter.com. Anda dapat pula melihat perilaku pengunjung. Dari mana mereka datang. Kalau dari search engine, menggunakan keyword apa. Dan lain-lain.

Bagaimana dengan ukuran-ukuran yang lain? Tingkat penjualan dan yang lainnya? Anda dapat membaca kembali artikel saya mengenai rasio perkembangan bisnis internet, untuk lebih memahami rasio konversi.

Jadi bagaimana mengukur perkembangan bisnis di internet?

1. Tentukan dan kenali tanda-tanda vital yang menentukan kesehatan bisnis Anda (jumlah penjualan per periode, jumlah pengunjung, pendaftar newsletter dll).
2. Gunakan alat ukur yang tepat
3. Lakukan pengukuran secara konsisten (setidaknya 2 hari sekali)
4. lakukan testing, testing dan testing

Ok. Sekian dulu dari saya. Silakan memberikan komentar atas artikel ini. Saya sedang menyiapkan 'sesuatu' untuk pelanggan newsletter saya. Jangan sampai ketinggalan! Silakan mendaftar sekarang! Gratis ;-)

No comments: