Monday, February 27, 2006

Keyword + Headline + Landing Page = High Conversion Rate

Kalau anda belum sempat membaca tulisan saya mengenai keyword, anda bisa melihat lagi artikel Kata Kuncinya Adalah.... Mengenai headline saya tuliskan dan kirimkan khusus untuk pendaftar newsletter saya. Jadi segeralah mendaftarkan diri untuk mendapatkan newsletter dan update Tentang Bisnis di Internet. Gratis! ;-) Mengenai landing page? Hmmm…mungkin akan secara khusus saya ulas. Saya akan coba jelaskan secara singkat di sini.

Anda sudah mulai familiar dengan Google Adwords? Baca kembali artikel saya mengenai Google Adwords kalau anda rasa masih perlu. Seperti pernah saya ceritakan, kemudahan Google Adwords memiliki 2 mata pedang yang sama tajamnya. Dua-duanya memberikan impact yang luar biasa. Satu mata untuk traffic dan rasio konversi yang luar biasa, satu lagi untuk tagihan Google yang juga bisa sangat luar biasa besarnya!


Satu hal yang paling berperan pada keberhasilan SEO maupun SEM adalah kata kunci yang tepat. Namun kata kunci atau keyword tak berarti apa-apa tanpa headline dan landing page yang mendukung. Google Adwords menetapkan CTR (Click Trough Rate atau RKPT, Rasio Klik Per Tayang) untuk menentukan seberapa bagus headline anda mendukung keyword yang digunakan.

Katakanlah anda menggunakan kata kunci yang mendapatkan 1000 kali tayang. Kalau kata kunci tersebut hanya mendapatkan 10 kali klik, artinya RPKT kata kunci tersebut 10/1000 = 0.01%. Sangat kecil dibanding ukuran minimal yang ditetapkan Google sebesar 0.05%. Dengan kata lain kata kunci tersebut boleh dianggap tidak relevan dengan yang diinginkan oleh pengguna Google.

Headline kemudian menjadi sangat berperan agar iklan yang ditayangkan mendapatkan respon berupa klik dari pencari informasi. Namun klik tidak berarti apa-apa tanpa adanya proses lanjutan yang paling anda nantikan. Terjadinya pembelian, pendaftaran atau apapun yang anda inginkan dari pengunjung situs anda. Klik tersebut harus membawa ke halaman yang sangat relevan dengan 2 hal sebelumnya. Keyword dan headline. Halaman inilah yang disebut landing page.

Masih banyak pengguna Adwords yang mengabaikan pentingnya landing page. Parahnya, bahkan ada yang membuang uang percuma dengan membiarkan klik yang terjadi ‘mendarat’ di halaman yang kosong. Yang mungkin masih bisa dimaafkan adalah kalau mendaratnya di halaman utama situs yang diinginkan. Ingat, kadangkala anda perlu mengarahkan pendaratan klik ke halaman yang paling relevan dengan kata kunci. Tidak harus di halaman utama situs.

Kalau anda sudah bisa mensinergikan keyword, headline dan landing page tak perlu waktu lama untuk dapat melihat rasio konversi yang tinggi dari promosi anda.

Conversion rate menghitung perbandingan antara penjualan yang terjadi dengan jumlah kunjungan yang didapat. Kalau anda mendapatan 100 kunjungan dengan 1 penjualan, rasio konversinya adalah 1%. Satu angka yang cukup fantastis mengingat umumnya rata-rata 1 penjualan di dapat dari lebih 700 penggunjung.

Artikel yang lain:
Steve Jobs Menyerang Balik
Market Niche, Attack on Narrow Front
Ilmu Hitam SEO Part #2
Google Adwords
Peluang Bisnis Online
Studi Kasus, Milliion Dollar Homepage
Traffic, SEO dan AirAsia
Afiliasi, The Name of The Game
Kata Kuncinya Adalah...
Ilmu Hitam SEO Part #1

No comments: