Saturday, February 11, 2006

Steve Jobs Menyerang Balik

Kalau Anda kebetulan memiliki iMac atau iBook, dan sangat mencintainya, janganlah merasa bersedih kalau di tahun-tahun mendatang Anda tidak lagi menjadi bagian eksklusivitas pemakai computer Apple. Bertahun-tahun Apple menolak membuat produknya terbuka (untuk dapat dioprek dan dilensi oleh produk-produk kompatibel). Produk Apple Computer hanya dibuat oleh Apple Computer. Titik. Namun tidak tahun ini. Bermula dari keputusan untuk berpindah dari Motorola ke Intel untuk pasokan prosesornya, tidak menutup kemungkinan berlanjut dengan terbukanya arsitektur komputer Apple.

Adalah Steve Jobs yang bersikukuh untuk menjaga ‘state of the art’ seluruh produk Apple Computer. 15 tahun setelah pemecatannya oleh CEO yang dia pilih sendiri (untuk mengingatkan Anda, Steve Jobs adalah co-founder Apple Computer), John Sculley, pada tahun 1997 Steve kembali dengan keyakinan yang sama. Produk Apple haruslah sexy! Maka lahirlah iMac & iBook. Sukses iMac (dan iBook) membawa Apple kembali sehat.


Dua tahun terakhir kembali Steve Jobs menggebrak dengan duet iPod dan iTune (terakhir versi iPod 30GB dengan Video Playback)Aple iPod 30GB with video playback black. Sedemikian hebatnya sampai Sony yang merajai pasar Walkman harus mengalah dan memilih menutup pabrik Walkmannya di Jepang.

Tahun 2006 ini Steve Jobs mengambil langkah yang menurut beberapa analist sangat mengherankan. Setelah bertahun-tahun menggunakan prosesor Motorola untuk produk-produk Apple, Steve memutuskan beralih menggunakan Intel. Meskipun Steve lebih memilih mengemukan alasan performance sebagai dasar keputusannya, sepertinya Steve Jobs hendak menyerang balik Bill Gates tanpa harus berhadapan face to face.

Dua decade lalu Apple mengeluarkan produk cukup canggih (pada saat itu) yang diberi nama NeXT Computer. (Komputer jenis ini pula yang melahirkan World Wide Web). Hanya karena komentar Bill Gates yang mengatakan bahwa computer ini terlalu canggih untuk jamannya, sehingga boleh dikata useless, NeXT tidak berhasil terjual sebagaimana diharapkan.

Masuknya kembali Steve JobsiCon Steve Jobs:The Greatest Second Act in the History of Business ke dalam Apple Computer tahun 1997 merupakan paket dari pembelian Apple Computer terhadap NeXT software yang kemudian dikembangkan menjadi MacOS. Perpaduan Intel dengan Apple kemudian dapat dipahami sebagai langkah manis perluasan penjualan MacOS tidak saja pada komputer-komputer keluaran Apple namun juga komputer-komputer intel based lainnya. MacOS tentu sangat menarik bagi yang ingin beralih dari Windows namun takut dengan kerumitan Linux. MacOS cukup dikenal sebagai system operasi yang kinerjanya di atas Windows.

No comments: