Tuesday, March 20, 2007

Niche Market dan Bisnis Internet

Seperti apa sebenarnya niche market itu?

Sekedar ilustrasi. Anda masih ingat 8 atau 9 tahun lalu, ketika terjadi krisis moneter? Orang dari berbagai kalangan berbondong membangun bisnis warung tenda. Nah, ada ceruk (niche) di sana. Bisnis membuat dan menyediakan tenda! Dan ketika satu persatu warung tenda gulung tikar, bisnis tenda sendiri masih tetap bertahan karena kemudian muncul Sogo Jongkok di mana-mana.

Mencari dan mendapatkan ceruk baru sangat diperlukan untuk memenangkan persaingan. Dan di setiap ceruk, selalu ada ceruk yang lain. Semacam ekor panjang yang tiada habisnya.

Contoh: Mobil -> Mobil sport -> asesori mobil sport -> asesori mobil sport buatan Jepang

Bagaimana menemukan ceruk untuk bisnis internet anda?

Yang paling mudah, lakukan riset sederhana menggunakan bantuan Overture.
http://inventory.overture.com

Misal, sebagai contoh, anda ingin mencari ceruk diseputar baju. Hasil search dari Overture menampilkan hasil seperti gambar di atas. Ada baju kurung, baju jahitan manik, baju fashion, baju cheongsam, baju malaysia dsb.

Sekarang kita lihat baju kurung (paling banyak dicari di search engine).

Pencarian menggunakan Google dengan keyword "baju kurung" menghasilkan lebih dari 80.000 situs. Namun begitu, di halaman pertama tidak terdapat situs yang khusus menjual baju kurung. Nah, kira-kira ada pasar nggak? Dalam bulan September menurut Overture terdapat 1455 kali pencarian untuk keyword "baju kurung"

Kalau anda ingin menggali lebih dalam lagi, ini ceruk di seputar baju kurung:
"cara menjahit baju kurung"
"baju kurung pahang"
"menjahit baju kurung"
dsb.

Pertanyaannya, bukankah dengan demikian kita hanya akan mendapatkan pasar yang kecil karena orientasi yang sangat khusus ini?

Mari kita lihat Amazon. Amazon saat ini mungkin penyedia palugada terbesar di internet. (bagi anda yang belum tahu apa itu palugada: 'apa lu mau gue ada').

Apakah Amazon berharap mendapatkan banyak pembeli untuk setiap jenis barang yang dipajangnya? Tidak! Amazon hanya perlu beberapa gelintir pembeli untuk setiap lini produk yang dijual. Katakanlah setip lini produk hanya mendapatkan 2 atau tiga pembeli tiap harinya. Berapa banyak pembeli kira-kira kalau lini produk yang dimiliki berjumlah ratusan ribu? Jutaan?

Argumen niche market juga berlaku bagi siapa saja yang ingin ikut merasakan suksesnya Google. Adsense! Kalau satu situs adsense mendapatkan rata-rata $1 dollar saja. Berapa banyak dolar kalau jumlah situsnya 100? 200? 1000? 2000?

Go get your niche today!!

No comments: