Tuesday, March 27, 2007

Tentang Ranking di Bisnis Internet

Oleh karena banyak di bicarakan, kali ini saya hendak sedikit membahas mengenai ranking di search engine, khususnya Google. Pada tulisan saya sebelumnya, saya membahas mengenai membangun otoritas di internet, yang bertautan dengan pencapaian ranking di search engine (baca: Google) bagi kata kunci yang mewakili entitas, bisnis ataupun personal.

Selain untuk menjaga citra dan eksistensi, ranking bagi bisnis internet berarti juga banyaknya pengunjung dan penghematan, karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar Google agar web serta linknya dicantumkan di halaman depan. Coba anda bandingkan hasil search kata kunci "bisnis internet" ini, antara bagian kiri dan bagian kanan. Link yang tercantum di sebelah kiri hasil dari upaya optimalisasi, sementara yang sebelah kanan hasil dari membeli.Sementara menurut studi orang cenderung memperhatikan bagian sebelah kiri, banyak orang [terpaksa] memilih untuk membayar daripada setengah mati berupaya muncul di halaman pertama tanpa harus membayar karena pertimbangan waktu dan konversi penjualan yang sudah diperhitungkan dengan Return On Investment-nya.

Yang sering menjadi pertanyaan seputar perolehan ranking pada search engine, terutama pada Google, adalah seberapa susah sebenarnya 'effort' untuk mendapatkan ranking tersebut?

Yang banyak dilupakan, pertanyaan tentang, untuk apa sebenarnya ranking dikejar? Untuk memberi pengetahuan? Untuk kontes? Atau untuk trafik?

Apapun tujuan perolehan ranking, inilah kira-kira 2 hal dasar yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan ranking atas di hasil pencarian search engine:

1. Content. Content atau isi jelas yang utama. Karena sajian utama search engine adalah informasi bagi yang mencarinya. Oleh karena itu, relevansi dan otoritas jadi landasan utama. Search engine menyukai content yang selalu diperbarui (fresh).

2. Referensi. Referensi ke sebuah situs dalam bentuk backlink. Link situs lain yang menuju situs tersebut.

Beberapa hal seperti keyword density, domain optimization, meta optimization dan lain-lain kurang lebihnya mengacu ke kedua hal mendasar di atas.

No comments: