Saturday, May 13, 2006

Tentang Halaman Web: Kenali Angka-Angka Anda

Apa artinya angka-angka? Kalau anda sempat memperhatikan pelajaran statistik saat di sekolah atau kuliah, anda tahu apa artinya. Angka-angka memberi anda gambaran akan sesuatu. Kalau saat sekarang tercatat, dalam bentuk angka, 694.000.000 pemakai internet di dunia, anda akan dapat memperkirakan bahwa lima tahun mendatang, dengan asumsi menjadi dua kali lipat, pengguna internet baru akan kurang lebih 20% dari populasi dunia. Dan jumlahnya sudah demikian besarnya. Anda akan dengan mudah menghubungkan ini dengan bisnis yang anda bangun.

Orang membayar mahal untuk mendapatkan angka-angka, karena angka-angka mampu menentukan sukses tidaknya suatu bisnis. Anda tentu mafhum arti angka di baris bawah (bottom line) setiap laporan keuangan. Dengan melakukan perhitungan sederhana (pada umumnya sekedar membagi, dikenal dengan istilah rasio), anda akan dengan mudah tahu masa depan bisnis yang dilaporkan.


Bagaimana dengan bisnis di internet? Angka macam apa yang perlu dikenali? Tentang ini saya pernah menuliskan mengenai ROI maupun Conversion. Jenis angka lain yang perlu anda kenali dengan lebih dekat adalah tingkat kunjungan ke halaman web anda, situs asal kunjungan tersebut, hal yang dilakukan pengunjung di situs anda dan sebagainya. Pada umumnya webhosting menyediakan fasilitas ini, baik secara gratis (umumnya tidak lengkap) ataupun berbayar. Tentang webhosting dapat anda pelajari di halaman ini.

Kalau anda ingin lebih mengenali beberapa statistik yang banyak membantu perkembangan bisnis di internet, anda bisa mencoba http://mybloglog.com secara cuma-cuma. Anda akan dengan mudah mengetahui situs terakhir sebelum pengunjung sampai di halaman web anda. Apabila datang dari Google Search akan terlihat pula kata kunci yang digunakan. Statistik ini sangat membantu anda memperbaiki SEO. MyBlogLog juga memberikan gambaran link mana saja yang diklik pengunjung saat berada di halaman web anda. Untuk pelanggan gratis layanan ini memberikan laporan sampai dengan 10 daftar pengunjung tiap harinya. Untuk mendapatkan lebih, anda dapat mendaftar sebagai pelanggan berbayar.

1 comment:

a99 studio said...

postingan bagus....saat ini untuk web statistik saya menggunakan webstat4u dan extreme traking,dua duanya sangat membantu dalam menganalisa dari mana mereka datang ke web kita,berapa banyak pengunjung,dan kata kunci(keyword) apa yang paling banyak di pakai untuk sampai ke web kita jika mereka menggunakan search enggine