Saturday, May 20, 2006

Bangkitlah Indonesiaku!

Apa arti sebuah peringatan? Peringatan bisa berarti 'warning', bisa pula berarti kegiatan mengingat kejadian penting di masa lampau, dan sebisa mungkin mengambil hikmah darinya.

Hari ini, untuk kesekian kalinya, kita memperingati hari Kebangkitan Nasional. Tidak seperti tahun-tahun sebelum reformasi, sepertinya hari ini tidak banyak yang peduli dengan hari bersejarah ini. Barangkali sederhana saja, 'so what gitu loh...'

Adakah kita tidak bisa mengambil hikmah dari hari Kebangkitan Nasional? Kembali ke semangat ingin merdeka yang menjadi landasan gerakan Kebangkitan Nasional, saya meyakini bahwa meskipun mungkin tidak secara langsung terilhami oleh hikmahnya, banyak dari kita mulai menyadari pentingnya menjadi orang merdeka. Merdeka pada saat ini berarti tidak terikat pada kehendak orang lain dan memiliki sumberdaya yang cukup untuk melakukan apa saja yang diinginkan.

Sementara masih banyak yang perlu diperbuat untuk mewujudkan Kebangkitan Nasional yang sesungguhnya, perkenankan saya mengajak: "Bangkitlah Indonesiaku"

No comments: