Sunday, May 28, 2006

Apakah Blogging Benar-Benar Bermanfaat Untuk Bisnis?

Seorang pakar multimedia nasional pernah beberapa kali dikutip akan pendapatnya yang kontra dengan aktifitas blogging maupun komunitas semacam friendster. Argumen beliau, oleh karena pada umumnya para 'blogger' lebih senang menggunakan nama samaran, isi blog susah dipertanggungjawabkan.

Beliau ada benarnya. Saat ini berapa banyak blog lahir setiap jamnya? Mungkin kelahiran blog mengalahkan jumlah bayi yang lahir di dunia ini setiap menitnya! Nah, dari sekian juta jumlah blog, berapa banyak yang dapat dianggap serius dan benar-benar memberikan informasi yang sesungguhnya?

Sayangnya, kita memang tidak dapat mengharapkan semua blog, dan juga informasi lainnya di internet memberikan jaminan ketulusan, keabsahan dan kesungguhan yang dapat dipertanggungjawabkan. Namun begitu, kita juga tidak akan dapat terhindar darinya. Sebagaimana kita tidak dapat terhindar dari informasi di luar internet. Informasi dari 'mainstream media' semacam koran, majalah maupun televisipun juga tidak dapat kita anggap 100% dapat dipertanggungjawabkan.

Berbicara tentang bisnis di internet, sepertinya kita tidak akan dapat melepaskan diri dari ketergantungan akan blog. Bahkan karena sifatnya yang lebih sering diupdate, search engine lebih menyenangi blog dibanding dengan website biasa yang mungkin tidak pernah mengalami perubahan sama sekali.

Oleh karena blog juga menjadi simbol dari independensi individu dan komunitas bebas,ternyata orang lebih bisa menerima argumen yang di'post'oleh blogger dibanding press release atau advertorial entitas bisnis. Itulah sebabnya sekarang ini orang-orang top dari perusahaan-perusahaan top mulai memandang blog sebagai hal yang sangat serius. Merekapun mulai nge'blogging'. Bahkan blogpun sudah mulai merambah ke bidang politik.

Pertanyaannya sekarang adalah, apakah blogging benar-benar (akan) bermanfaat untuk bisnis anda? Pertanyaan saya:
- Apakah anda telah membuat blog?
- Apakah anda (akan) menganggapnya sebagai hal yang serius?
- Apakah anda telah menetapkan tujuan anda membuat blog?
- Apakah anda tahu segala sesuatu tentang blogging?
- Blog dapat membawa web 'sungguhan' anda terindex oleh search engine tanpa harus mendaftarkannya. Anda sudah melakukannya?
- Berapa banyak anda habiskan untuk membuat blog? (waktu, biaya warnet dsb)
- Sudahkah anda perhitungkan untuk yang akan anda peroleh dari blog anda? (uang, brand awareness, pelanggan dsb)

Jawaban anda akan memberi gambaran jawaban atas pertanyaan: "apakah blogging benar-benar (akan) bermanfaat untuk bisnis anda?"

Happy blogging!

No comments: