Saturday, October 28, 2006

[Alat Penjualan] Konsisten Akan Runutan

Konsisten akan runutan? Baiklah. Saya hanya hendak berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Kalau Anda dapat memilihkan terjemahan dari sequence consistency, saya akan senang sekali.

Konsisten akan runutan, untuk selanjutnya saya sebut KAR, mulai menjadi hal yang biasa dilakukan bisnis internet.

Seperti apa sebenarnya KAR ini?

Joe Sugarman, seorang ahli pemasaran ternama (terkenal karena sukses menjual kalkulator sebelum era PC), menceritakannya dalam bukunya "Triggers" (Kursus 20 hari mengenai 30 alat penjualan berdasarkan buku ini dapat juga Anda peroleh dari SuccessUniversity bersama dengan kursus-kursus lainnya).


Sebelumnya, perkenankan saya menyampaikan prinsip dasar dari KAR. Pada prinsipnya orang berkecenderungan untuk melakukan sesuatu sebagai kelanjutan akan sesuatu yang dilakukan sebelumnya. Ketika seseorang mengatakan 'ya' untuk suatu permintaan atau tawaran, akan dengan mudahnya mengatakan 'ya' untuk permintaan atau tawaran berikutnya.

Inilah kisah dari Joe Sugarman soal KAR:
Joe sangat menyukai ice cream rasa coklat yang ditambah whipped cream. Setiap kali membeli ice cream tersebut, selalu ditanyakan kepadanya, "maksud Anda Sundae?". "Tidak. Ice cream rasa coklat dengan whipped cream", Joe selalu mencoba menjelaskan. "Ya. Itu sundae tanpa sirup", selalu Joe mendapatkan jawaban yang sama. Meskipun begitu, ice creamnya selalu didapat. Seharga sundae!

Suatu hari Joe mencoba membeli ice cream kesukaannya dengan pendekatan yang sedikit berbeda. "Satu ice cream rasa coklat", demikian dipesannya. Tak lama berselang, setelah ice creamnya didapat, dipanggilnya si waitress. "Miss, boleh saya minta ditambahkan whipped cream di ice cream saya?". Si waitress dengan senang hati menambahkan whipped cream. Joe tidak dikenai tambahan bayaran karenanya. Si waitress memiliki komitmen untuk memberi(kan) ice cream dan komitmen berikutnya untuk 'menyempurnakan' pemberiannya!

Pernah mengalami seperti ini: Anda membeli kemeja. Di meja kasir anda ditawari dasi, yang lagi promo potongan harga untuk setiap pembelian kemeja. Komitmen Anda untuk memiliki kemeja baru akan tersempurnakan dengan komitmen untuk melengkapinya dengan dasi, bukan? Apalagi dengan harga khusus?

Jaringan swalayan Indomaret melakukannya dengan promo sembako di meja kasir. Godaddy.com melakukannya dengan promo web hosting plan. Anda sudah harus memikirkannya untuk bisnis internet Anda.

No comments: