Monday, November 06, 2006

Ingin Mulai Belanja di Internet? Gunakan PayPal!

Seperti yang pernah saya tuliskan di artikel berikut http://bisnisweb.blogspot.com/2006/10/ebay-skype-paypal-dan-masa-depan.html, sejak Oktober lalu Indonesia kembali masuk sebagai salah satu negara yang penduduknya boleh membuka account PayPal, meskipun sementara hanya untuk mengirim atau melakukan pembayaran saja. Namun begitu, patut disyukuri bahwa kepercayaan kepada komunitas internet Indonesia kembali pulih dan mudah-mudahan tidak terlalu lama kita menunggu untuk PayPal juga meletakkan Indonesia ke dalam kategori negara yang penduduknya boleh mengirim dan menerima dana PayPal.

Mengapa saya berkesan sangat berharap dan 'memuja' PayPal?


Ada dua alasan utama mengapa kita memerlukan PayPal:

1. Kemudahaan Transaksi.
PayPal menjadi alat pembayaran yang diterima di lebih 100 negara, dengan nominal dan mata uang yang sangat fleksibel. Beberapa merchant bahkan hanya menerima pembayaran lewat PayPal. Kalau kebetulan Anda menginginkan produk digital yang dijual lewat ClickBank, menggunakan PayPal menjadi jaminan transaksi selalu berhasil dilakukan. (Meskipun tidak secara spesifik membatasi pembayaran kartu kredit dari Indonesia, ClickBank sering menolak transaksi kartu kredit dari Indonesia tanpa penjelasan yang masuk akal kecuali "silakan coba kembali").

2. Keamanan Bertransaksi
Dengan menggunakan PayPal, penggunaan kartu kredit Anda menjadi "centralized". Anda hanya berurusan dengan PayPal untuk semua transaksi internet yang Anda lakukan menggunakan cara pembayaran PayPal (lebih dari 95% merchant di internet menerima pembayaran melalui PayPal). Nomor kartu kredit serta detail lainnya tidak akan terlihat atau terekspos oleh merchant atau pedagang-pedagang tersebut.

Kelak pada saat kita bangsa Indonesia mulai bisa menerima dan menguangkan dana PayPal, kesempatan kita untuk mengikuti program afiliasi menjadi lebih terbuka luas dengan pembayaran komisi yang lebih fleksibel (tanpa melalui check) dan tentu mengurangi nilai potongan dana untuk biaya proses pencairan.

NB: untuk memastikan keamanan akses ke account PayPal, biasakan untuk membuka jendela baru pada browser yang digunakan dan buka halaman PayPal dengan alamat https://www.paypal.com/row. Perhatikan huruf s setelah http bukanlah salah ketik.

No comments: