Sunday, October 22, 2006

Semua Ada Formulanya!

Ada yang saya sukai setiap melakukan perjalanan. Membaca iklan! Dari pajangan TV besar, spanduk, tempelan di tembok-tembok,sampai cat mobil dan sticker-sticker di angkutan umum.

Yang sempat mampir di benak saya akhir-akhir ini adalah iklan yang memenuhi setiap bis transjakarta. Ungkapan yang biasa kita dengar terpajang di mana-mana: semua ada formulanya! Benar. Semua ada formulanya. Pun juga formula untuk bisnis internet.

Saya pernah menuliskan salah satu formula bisnis internet di http://bisnisweb.blogspot.com/2006/02/keyword-headline-landing-page-high.html. Formula bisnis internet yang paling mengena untuk perkembangan bisnis internet adalah yang biasa disampaikan oleh Ken Evoy, seorang dokter dari Kanada yang sukses sebagai multimilyuner dari bisnis internet. Sukses bisnis internet adalah dari Content + Traffic + Preselling + Monetize.

Pada level yang lebih strategis, formula yang disampaikan Rich Schefren mungkin yang paling pas untuk membantu kita memahami sukses bisnis internet.

Vision (visi) + Strength (kekuatan) + Passion (gairah) + Resources (sumberdaya) + Alliance Partners (mitra aliansi) + Powerful Tactics (taktik luar biasa) + Action Plan (rencana kerja) = Success.

dari formula di atas:
minus vision = confusion (kebingungan)
minus strength = anxiety (kecapaian dan keresahan)
minus passion = unmotivated (hilang semangat)
minus resources = frustration
minus alliance partners =limited success
minus powerful tactics = sluggish result (hasil seadanya)
minus action plan = false starts (permulaan terburu-buru tanpa persiapan).

No comments: