Wednesday, July 19, 2006

Penting! Google Mengubah Aturan Main Adwords

Kalau saya atau orang lain pernah mengatakan atau menuliskan tentang memanfaatkan Google Adwords untuk bisnis afiliasi tanpa anda harus memiliki website sendiri, ABAIKAN dan perhatikan tulisan berikut.

Sejak minggu lalu Google mulai mengubah aturan main Google Adwords. Banyak pengguna Adwords tersentak. Keyword mereka yang semula seharga 500 rupiah s/d 2.500 rupiah tiba-tiba melonjak menjadi 50.000 rupiah bahkan sampai 200.000 rupiah.

Ada apa gerangan?

Google menerapkan Google Quality Score. Meskipun sampai sekarang Google enggan memberitahukan kriteria dan cara penilaiannya, namun dapat kita duga alasan utamanya. Google menginginkan modal utama dan alasan utama adanya Google tetap terjaga: RELEVANSI!

Siapapun akan sepakat mengenai relevansi ini. Bisnis Google ada di relevansi. Pencari informasi menginginkan informasi yang sesungguhnya. Baik dari sisi kiri SERP maupun sisi kanan. Kalau anda cukup sering menggunakan Google search, mungkin anda pernah mengalami kekesalan karena klik anda, terutama dari link yang ada di sebelah kanan, tidak memberikan informasi apapun kecuali permintaan nama dan alamat email anda atau sekumpulan link lain yang perlu anda klik. Kalau anda pengguna Adwords, barangkali malah anda yang membawa pengguna Google search mengalami kekesalan tadi!

Inilah barangkali yang tidak akan lagi bisa anda lakukan kecuali anda ingin menguras uang anda di bank!
1. Menggunakan Adwords dan 'mendaratkan' klik ke situs afiliasi (ogah atau malas membuat situs afiliasi tersendiri)
2. Menggunakan Adwords dan 'mendaratkan' klik ke situs Adsense (mengharapkan selisih biaya Adwords dengan nilai Adsense.
3. Menggunakan Adwords dan 'mendaratkan' klik ke squeeze page (mengumpulkan nama dan alamat email)

Inilah yang bisa anda perbuat:
1. Buat situs yang padat informasi.
2. "Daratkan" klik ke halaman yang relevan dengan keyword pencarian
3. Gunakan redirect untuk situs afiliasi

No comments: