Saturday, July 01, 2006

The Manifesto; Meletakkan Internet Dalam Perspektif

Meletakkan Internet Dalam Perspektif? Apa maksudnya?

Meskipun teknologi jaringan yang menjadi pijakan perkembangan internet telah ada dan dikembangkan sejak tahun 70an, internet yang sesungguhnya baru dianggap ada sejak pertengahan tahun 90an. Tepatnya sejak Tim B. Lee meluncurkan World Wide Web. Dengan kata lain, internet barulah berumur sekitar 10 tahun. Belum matang, dan belum dewasa.

Akhir periode 90an kita juga telah banyak menyaksikan pemain besar berjatuhan di dunia maya. Anda mungkin masih ingat LippoShop.Com atau Boo.Com.

Rich Schefren dalam "The Manifesto" yang dia tulis mengingatkan hal ini: Anda perlu sekali lagi melihat bagaimana internet mapan pada dunia bisnis yang lebih luas. Memahami kematangan dari bisnis internet saat ini sangat kritis bagi sukses jangka panjang anda.

'Kejatuhan' bisnis internet pada tahun 90an hanyalah hasil dari kesalahan meletakkan internet pada perspektif yang sesungguhnya. Di Amerika bahkan diperkirakan internet bakal sangat penting dan menjadi penentu pada pemilihan presiden di tahun 2008.

Hal ini berarti akan semakin banyak bisnis yang sudah mapan di luar internet, mulai memandang serius porsi dan peran bisnis mereka di internet. Dan anda akan semakin kehabisan waktu untuk benar-benar meraih untung dari bisnis di internet. Kalau perusahaan besar dan prestisius semacam Microsoft bisa 'salah' dan 'gagal' melihat internet, sekarang tidak lagi. Dan seperti yang sudah-sudah, yang kecil akan dimakan yang besar. Kecuali si kecil mampu bermain 'David vs. Goliath'.

Rich Schefren menegaskan hal ini:

Waktu semakin habis, namun anda masih tetap dapat membangung sukses bisnis internet yang luar biasa


Letakkan internet pada perspektif yang sesungguhnya.

No comments: