Tuesday, April 10, 2007

Kemana Mencari Peluang Bisnis Internet?

kemana mencari peluang bisnis di internet? Tidak di blog ini! Setidaknya sampai dengan saat ini;-) Saya sudah terlanjur mengganti tagline blog menjadi:

Segala sesuatu yang perlu Anda ketahui tentang bisnis di internet sebelum banyak membuang-buang uang untuk produk, buku ataupun alat bisnis internet yang tidak atau belum Anda perlukan.


Jadi, menjawab beberapa pertanyaan (dan kritikan) atas isi dari 'Tentang Bisnis di Internet', sekali lagi saya sampaikan, silakan baca kembali tagline di atas ;-)

Tapi, nanti dulu. Sepertinya saya memang ada yang keliru. Bahkan saya mungkin tidak/belum memberitahu apa-apa soal bisnis internet yang sesungguhnya :(

Nah, perkenankan saya mulai dengan tulisan ini untuk membayar kekeliruan saya.

Sebelum mencari peluang bisnis di internet, ada baiknya dipahami terlebih dahulu model bisnis yang bisa dijalani untuk mendapatkan 'multiple stream of income' dari internet. Harap dipahami juga bahwa selain berbisnis, orang juga bisa mendapatkan pekerjaan yang dapat dilakukan hanya dengan menggunakan internet.

Model Bisnis di internet

Ada banyak model bisnis internet yang dapat dijalani dan ditekuni. Misal:
Web publishing (space iklan, adsense, e-newsletter dsb)
Auction, Brokerage (dropship, Ebay dsb)
Affiliate (contoh bejibun banyaknya)
Reseller (membership, digital product, physical product)
Seller, affliate manager (membership, digital product, physical product)

Saya sengaja tidak memasukkan hyip (high yield investment program) ke dalam kategori bisnis internet karena sifatnya yang high risk dan tingkat scam-nya yang sangat tinggi. (scam=fraud=dishonest scheme=penipuan!)Namun, bagi yang ingin mendapatkan ilmunya, silakan berkunjung ke blog rekan saya di http://temonggo.blogspot.com

Kalau tidak di blog ini anda dapatkan informasi tentang peluang bisnis internet, lantas kemana harus mencarinya? Ke internet tentu saja ;-) Dimana anda mendapatkan peluang bisnis internet selain di internet?

Nah, sebelum banyak membuang-buang uang untuk produk, buku ataupun alat bisnis internet yang tidak atau belum Anda perlukan, inilah 'nasihat' saya.

1. Dapatkan alat riset ceruk pakar all in one di sini: http://www.nichebrowser.com (status terakhir: gratis!)
2. Dapatkan setidaknya 1 dan tidak lebih dari 3 ceruk pasar yang hendak anda tekuni.
3. Kalau anda hanya hendak bermain dengan adsense, silakan kunjungi http://www.cosaaranda.com untuk mendapatkan ilmunya (status terakhir: gratis!)
4. Tahan diri untuk sementara tidak merokok, nge-dugem, 'ngafee' atau yang lain guna dapetin nama domain dan hostingnya. (tidak berlaku buat yang dompetnya sudah tebal!)
5. Sisihkan sedikit uang (lihat point 4) untuk membeli, mempelajari dan mempraktekkan bagaimana umumnya orang Indonesia menjual informasi (ebook, software dsb). Gunakan kata kunci "bisnis internet", "peluang bisnis" atau yang lain.
6. jangan menyesal kalau anda kecewa atau tidak puas. Ingat poin 5. Tujuan anda adalah untuk riset, mempelajari dan mungkin saja balik modal dengan menjualkannya kembali (reselling).
7. Search dengan kata kunci "internet business". Lakukan riset terhadap 10 peringkat teratas.
8. Re. point 7, subscribe utk setiap milis yang ditawarkan. Buat dan gunakan email yahoo atau gmail yang khusus utk itu.
9. Mulailah bereksperimen dengan domain dan hosting anda. Mulailah dengan blog dan Wordpress. Kunjungi kembali http://cosaaranda.com untuk mendapatkan ilmunya.
10. Jangan pernah berhenti dan menyerah. The future of the net is so bright you should wear sunglasses!!

4 comments:

Anonymous said...

Ralat.

"Gratis" adalah status terakhir dan selamanya, hehehehe.

akusuksespadamu said...

Kalo untuk HYIP...
Saya termasuk yang pernah 'mendapat pengalaman berharga' (alias ketipu, hik...).
Baru-baru ini saya mendapatkan daftar situs GPTR yang SCAM (penipu?). bagi yang mau lihat, silahkan mampir ke blog saya yang masih seger... ^_^

Unknown said...

Alhamdulillah...makasih...makasih...cosaaranda.com gratis untuk selamanya....

Yang pernah 'ketipu' HYIP jangan menyerah. Don't get mad. Get even...hehe (Maksudnya bukan bales nipu orang lain lho...he he)

Salam sukses buat semuanya.

Anonymous said...

Halo pak,
Yg niche-browser Jason itu dah ga gratis ya pak? Soalnya harus bayar dulu sekitar $90-an.
Punya softwarenya ga pak? Boleh saya minta? Pls send file/url link buat download filenya niche-browser ke irvybj752@yahoo.com kalo boleh jgn yg torrent ya pak :)

Makasih banyak pak